10 Merek Mobil Terlaris Dunia, Toyota Masih Jadi Raja

Jakarta

Toyota masih menjadi raja otomotif dunia. Terbukti dari data penjualan tahun lalu yang menempatkan Toyota sebagai merek mobil paling laris di dunia.

Menurut data yang dirilis Focus2Move, peringkat merek mobil terlaris dunia tahun lalu menempatkan Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif global. Kemudian diikuti oleh Volkswagen dan Honda. Sementara Chevrolet melaporkan kinerja terburuk dengan kehilangan 15,4% penjualan.

Secara detail, pada 2021 Toyota memegang 10,5% pangsa pasar otomotif global. Raksasa otomotif asal Jepang itu mencatatkan penjualan sebanyak 8,7 juta unit.

“Memang, merek Jepang ini diuntungkan dengan strategi untuk konsentrasi pada satu merek yang paling kuat, sementara pabrikan lain membuat beberapa merek berbeda yang bertujuan untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Sementara Toyota hanya punya satu diversifikasi dalam strategi satu-merek, dengan Lexus di segmen mewah dan Daihatsu di segmen mobil yang lebih murah,” tulis Focus2Move dalam laporannya.

Sementara itu, Volkswagen yang memiliki beberapa merek seperti Volkswagen, Audi, Porsche, Skoda, Seat, Cupra, Lamborghini, dan Bentley, menjadi merek mobil terlaris kedua setelah Toyota. Tahun lalu, Volkswagen hanya membukukan penjualan sebanyak 5,2 juta unit atau 6,4% pangsa pasar.

Selanjutnya di posisi ketiga adalah Honda. Tahun lalu, Honda menjual 4,3 juta mobil.

Di urutan keempat ada Ford dengan penjualan sebanyak 4,1 juta unit. Kemudian di tempat kelima diisi Hyundai dengan penjualan sebanyak 3,8 juta unit.

Nissan menjadi merek mobil terlaris keenam dengan penjualan sebanyak 3,7 juta unit. Diikuti oleh Kia di tempat ketujuh dengan penjualan sebanyak 2,9 juta unit. Kia sukses menyalip Chevrolet yang kini menjadi merek terlaris nomor delapan di dunia dengan penjualan sebanyak 2,6 juta unit.

Di posisi kesembilan dan 10 diisi oleh merek mobil mewah. Menurut data Focus2Move, urutan kesembilan diisi oleh Mercedes-Benz dengan penjualan sebanyak 2,4 juta unit dan BMW di urutan ke-10 dengan penjualan 2,2 juta unit.

Simak Video “Mudik Dibolehkan, Penjualan Mobil April 2022 Diprediksi Meroket
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.