12 Komponen Rem Cakram Mobil dan Fungsinya

Suara.com – Rem cakram atau yang dikenal disc brake ini merupakan sistem pengereman pada mobil yang berfungsi untuk mengurangi laju mobil. Saat melakukan pengereman, rem cakram akan memanfaatkan semua komponen untuk memperlambat putaran ban. Lantas apa saja komponen rem cakram mobil? Simak ulasannya berikut ini.

Ilustrasi rem mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi rem mobil. [Shutterstock]

1. Kaliper Rem

Salah satu bagian penting yang ada pada rem cakram adalah kaliper rem. Kaliper rem berfungsi untuk menjepit kampas rem pada piringan secara mekanis. Kaliper rem bekerja dengan menggunakan tekanan hidrolik yang dihasilkan dari minyak rem yang masuk melalui kabel rem. Ada dua tipe kaliper rem pada mobil yaitu Floating Caliper dan Fixed Caliper.

Floating caliper merupakan kaliper rem yang berada di bagian brake support caliper yang akan menggeser dan bergerak ke bagian kiri atau kanan. Salah satu sisinya akan dilengkapi dengan piston rem yang bergerak untuk menekan kampas rem.

Baca Juga:
Suzuki: Permintaan Mobil Baru Tetap Kuat di Tengah Inflasi

Sementara itu fixed caliper ini terletak pada bagian brake support caliper yang menyatu di dalamnya dan terhubung langsung dengan steering knuckle.

2. Piston Brake

Piston brake ini terletak di dalam kaliber yang berbentuk seperti tabung dan memiliki fungsi sebagai penekan kampas rem ke piringan cakram agar putaran roda bisa berhenti atau melambat.

3. Seal Piston

Seal Piston ini merupakan bagian dari piston brake yang berfungsi untuk menarik piston kembali ke tempat semula setelah proses pengereman selesai. Selain itu Seal Piston bertugas untuk menutup aliran minyak dari mekanisme hidrolik yang terjadi saat pedal rem diinjak.

Baca Juga:
Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada Innova Hybrid?

4. Selang Hidrolik

Selang hidrolik berfungsi untuk menyalurkan minyak rem kepada kaliper rem dengan memanfaatkan tekanan hidrolik yang ada pada pedal rem. Selang hidrolik ini juga dapat mencegah minyak tidak bocor.

5. Reservoir Tank

Reservoir Tank berfungsi untuk menampung minyak rem cadangan. Pada bagian tabung reservoir tank ini terpasang sensor untuk mendeteksi ketinggian volume minyak rem.

6. Brake Fluid

Brake fluid atau minyak rem ini berfungsi sebagai media pengantar yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga dorong dari pedal ke kaliper rem. Kampas rem akan menjepit piringan cakram.

Mekanik tengah memeriksa rem mobil. Sebagai ilustrasi komponen rem pada kendaraan roda empat [Envato Elements/serhiibobyk].
Mekanik tengah memeriksa rem mobil. Sebagai ilustrasi komponen rem pada kendaraan roda empat [Envato Elements/serhiibobyk].

7. Kampas Rem

Kampas rem berfungsi agar putaran rem cakram berhenti karena adanya daya gesek yang dihasilkan. Pemilihan bahan kampas rem ini menjadi bahan pertimbangan untuk membelinya karena kerja kampas rem sangat berat sehingga harus dapat bekerja secara optimal dengan kualitas terbaik.

8. Piringan Cakram

Piringan cakram atau disc brake ini merupakan komponen rem cakram yang terhubung dengan roda yang berputar dengan mengikuti putaran roda. Piringan cakram ini berfungsi sebagai penjepit yang ditekan oleh kampas rem sehingga memudahkan melakukan pengereman pada mobil.

9. Booster

Booster merupakan salah satu komponen rem cakram yang bertugas untuk meringankan dan melipatgandakan daya pengereman. Komponen ini terhubung langsung dengan intake manifold dan master silinder. Apabila intake manifold dalam kondisi vakum, maka master silinder akan menarik pedal rem tanpa pengereman total. Booster juga membuat pedal rem terasa lebih ringan saat diinjak.

10. Master Silinder

Master silinder dapat mengubah gerakan mekanis pada bagian pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Master silinder memiliki dua jenis yaitu tipe tandem dan tipe tunggal. Tipe tandem ini memiliki dua outlet hose dan piston. Apabila salah satu piston mengalami permasalahan, piston yang lainnya akan mengambil alih. Sementara itu tipe tunggal adalah jumlah hose dan piston hanya satu.

11. Caliper Bracket

Caliper bracket berguna untuk memasangkan kaliper agar tidak mudah bergerak. Komponen ini terhubung langsung dengan steering knuckle.

12. Pedal Rem

Pedal rem merupakan komponen dalam rem cakram yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem pengereman. Pedal rem ini berbentuk seperti tuas panjang untuk menyesuaikan kebutuhan pengereman oleh pengemudi.

Itulah informasi singkat seputar komponen rem cakram pada mobil. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.