3 Komponen Yang Harus Dirawat Agar AC Tetap Dingin

Sahabat Oto… salah satu komponen dalam mobil yang cukup penting adalah AC, AC akan sangat bermanfaat baik itu ketika berada di musim hujan maupun saat akan menghadapi musim kemarau seperti di negara kita yang berada di iklim tropis.

Dengan adanya AC, pengemudi bisa mengendarai kendaraan dengan aman tanpa khawatir munculnya embun di kaca depan serta seluruh penumpang mobil tidak akan gerah, serta tetap nyaman saat berkendara.

Untuk menjaga kondisi AC tetap dingin merupakan dingin terdapat 3 komponen dari AC yang perlu mendapatkan perhatian lebih, merawatnya secara berkala akan membuat AC berfungsi optimal. Ketiga komponen yang perlu dirawat tersebut adalah kompresor, freon, dan filter udara.

Kompresor

Kompresor merupakan komponen yang bertugas untuk membuat udara dingin dari cairan freon. Karena tugasnya itu, masalah yang terjadi pada kompresor akan memengaruhi udara dingin yang dibuat.

Pada dasarnya ada beberapa ciri-ciri kerusakan kompresor, yakni bunyi kasar saat tombol AC diubah dari 1-2-3, kompresi berkurang, bocor semakin besar, freon cepat habis, AC tak kunjung dingin, dan kerusakan magnetic clutch.

Freon

Freon sendiri bisa diibaratkan sebagai darah sistem AC mobil. Tanpa adanya freon, udara dingin tidak akan terbentuk. Oleh karena itu, pastikan freon terisi, namun tekanannya tidak berlebihan. Sebab bisa menimbulkan kerusakan.

Kebocoran pada freon pun bisa menyebabkan AC tidak dingin. Sehinigga pemilik mobil harus mengetahui jenis freon yang digunakan dari stiker petunjuk di dekat area AC di balik kap mesin.

Filter Udara Kabin Kotor

Udara dingin dalam AC berasal dari udara dalam kabin yang terlebih dahulu melewati filter agara udara tersebut menjadi bersih. Jika filter udara kotor, maka secara otomatis aliran udara akan tersumbat. Akhrinya udara yang dihembuskan menjadi berkurang dan menjadi kurang dingin serta seringkali muncul aroma tak sedap.

Untuk membersihkan filter udara tidaklah sulit, Sahabat Oto hanya perlu mencari area saringan di dalam kabin yang salah satunya berada di dekat laci dashboard, buka tutup filter udara kemudian bersihkan filter dari debu dengan menggunakan semprotan angin, jika kondisinya sudah kurang baik ganti filter dengan yang baru agar aliran udara kembali menjadi lancer dan bersi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.