4 Fungsi dan Cara Penggunaan Kompon Mobil yang Benar

Suara.com – Mungkin istilah kompon mobil familiar di telinga Anda sebagai pemilik kendaraan roda empat ini. Kompon sendiri adalah salah satu bahan yang digunakan dalam perawatan body mobil, agar mobil tampak mengkilap.

Tapi tahukah Anda bahwa untuk mengaplikasikannya tidak harus dengan mendatangi tempat perawatan mobil?

Selama Anda mengetahui fungsi dan cara penggunaan yang tepat, kompon bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Namun demikian yang harus diingat, Anda tidak boleh sembarangan, agar body mobil tidak justru menjadi lecet atau rusak.

Pertama, Kenali Apa Itu Kompon Mobil

Baca Juga:
KIA Catat Penjualan 947 Unit Sepanjang GIIAS 2022, Kategori Mobil Keluarga Paling Mendominasi

Kompon merupakan jenis bahan yang bersifat abrasif, dan digunakan untuk melakukan pemolesan body mobil. Bahan ini diaplikasikan untuk menyamarkan bekas baretan halus pada body mobil Anda. Dengan penggunaan bahan ini, mobil bisa kembali kinclong dan tampil seperti sedia kala.

Ilustrasi mesin poles mobil. (Pexels.com/Khunkorn Laowisit)
Ilustrasi mesin poles mobil. (Pexels.com/Khunkorn Laowisit)

Lalu Apa Fungsinya?

Jika melihat fungsi dari kompon sendiri, sebenarnya dapat dijelaskan dalam 4 poin berbeda.

  1. Mengatasi goresan mobil, goresan atau lecet yang ada pada body mobil tentu mengurangi tampilan mobil Anda, sedangkan melakukan pengecatan secara menyeluruh membutuhkan biaya yang besar. Baret ringan ini bisa dihilangkan dengan kompon, selama tidak terlalu dalam.
  2. Menghilangkan percikan aspal, menjadi salah satu noda yang sulit dihindari, kompon juga bisa membantu menghilangkan bekas percikan aspal yang menempel di body mobil. Dengan aplikasi yang tepat, bekas aspal bisa dihilangkan tanpa merusak cat mobil.
  3. Melicinkan body mobil, fungsi selanjutnya adalah untuk membuat permukaan kendaraan menjadi lebih licin. Jika diaplikasikan pada bagian tanpa baretan, kompon dapat membantu permukaan menjadi licin dan berkilau.
  4. Menghilangkan jamur, jamur yang tumbuh di bagian body mobil tentu jadi hal yang sangat menyebalkan. Penggunaan kompon mobil dapat membantu Anda menghilangkan jamur membandel ini.

Perhatikan Cara Penggunaan yang Benar

Ilustrasi cara poles mobil yang baik dan benar. (Pexels/Energepic.com)
Ilustrasi cara poles mobil yang baik dan benar. (Pexels/Energepic.com)

Untuk cara penggunaannya sendiri, Anda bisa simak poin di bawah ini.

Baca Juga:
Biar Nggak Salah Paham, Ini Perbedaan Poles Mobil dan Waxing secara Umum

  • Pertama, amati bagian baret dan bersihkan kotoran yang menempel dengan air. Pembilasan ini bisa membantu merontokkan noda yang menempel, lalu keringkan dengan kain bersih.
  • Poles permukaan goresan dengan kompon halus, ratakan kompon halus pada area yang sudah dibersihkan tadi, dan gosok perlahan dengan gerakan memutar dan sedikit ditekan. Terus lakukan ini sampai goresan menghilang atau menjadi samar.
  • Bersihkan dengan air dan aplikasikan pengkilap, setelah selesai, bersihkan residu kompon dengan air dan lihat apakah goresan sudah menghilang. Jika sudah hilang sempurna, bubuhkan pengkilap hingga bekas kompon tidak terlihat. Jika belum ulangi pengaplikasian kompon hingga goresan menghilang.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai kompon mobil dan cara penggunaannya. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.