Adu Fitur, Mesin dan Harga

Suara.com – Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi mobil yang banyak diminati di pasar Indonesia. Kini tersedia macam jenis mobil SUV yang bersaing untuk mendapatkan konsumennya. Bahkan konsumen tidak jarang kebingungan memilih pilihan mobil SUV yang tepat sesuai kebutuhannya.

Ada dua mobil yang kerap dibanding-bandingkan dari segi harga, fitur hingga spesifikasi mesinnya yaitu Honda HR-V dan Hyundai Creta. Keduanya menjadi perbandingan sepadan untuk jenis mobil SUV. Berikut ini beberapa perbedaan Honda HR-V dan Creta yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda membelinya.

Fitur

All-New Honda HR-V tampak buritan, hadir antara lain dalam warna Ignite Red Metallic [PT HPM].
All-New Honda HR-V tampak buritan, hadir antara lain dalam warna Ignite Red Metallic [PT HPM].

Honda HR-V telah menyediakan teknologi headlamp LED dengan LED Daytime Running Light (DRL) dan lampu tiga dimensi di belakang mobil. Untuk Honda HR-V varian SE telah tersedia fitur auto foldable door mirror, rear parking camera, shark fin antenna, Smart Entry System dan masih banyak lainnya. Sementara itu Hyundai Creta terdapat LED multi reflektor, shark fin antenna, high mount stop lamp, rear spoiler dan lampu belakang LED.

Baca Juga:
Perbandingan Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L, Begini Jika Harga dan Spesifikasinya Diadu

Dari segi hiburan, Honda HR-V dilengkapi dengan 7 inch Touch Screen Play Audio with Smartphone Connection. Sementara itu Hyundai Creta dilengkapi dengan 8 inch Touch Screen Display with AM/FM Radio, WAV/MP3/WMA yang didukung Audio Format, Bluetooth Audio dan Smartphone Integration.

Hyundai Creta. [suara.com/Budi Warsito]
Hyundai Creta. [suara.com/Budi Warsito]

Dalam fitur keselamatan, Honda HR-V tersedia Honda Sensing yang terdiri atas collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Sementara itu untuk Hyundai Creta ini tersedia SmartSense yang hampir sama dengan Honda Sensing. SmartSense ini terdiri atas Surround View Monitor, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Forward-Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-spot View Monitor (BVM), Safe Exit Assist (SEA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Lane Following Assist (LFA), dan Lane Keeping Assist (LKA).

Mesin

Performa Honda HR-V telah didukung dengan 1.5L DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang dapat menghasilkan 118 hp pada 6.600 rpm dan torsi 145 nm pada 4300 rpm. Sementara itu, Hyundai Creta didukung dengan Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinders yang dapat menghasilkan 113 hp pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Baca Juga:
Kabar Baik! Krisis Chip Semikonduktor Berangsur Pulih, Bersiap Calon Konsumen Kedatangan Motor Impian Dalam Waktu Dekat

Hyundai Creta 7 penumpang belum masuk rencana HMID. Foto: Hyundai Creta dipamerkan di sebuah pusat perbelanjaan. [Antara]
Hyundai Creta 7 penumpang belum masuk rencana HMID. Foto: Hyundai Creta dipamerkan di sebuah pusat perbelanjaan. [Antara]

Keduanya menggunakan sama-sama menggunakan rem depan dan rem belakang yakni ventilated disc brake dan solid disc. Honda HR-V menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang menggunakan H-Shape Torsion Beam. Sementara itu, Hyundai Creta menggunakan suspensi belakang MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang menggunakan Couple Torsion Beam Axle with Coil Spring.

Harga

Untuk perbandingan harga antara Honda HR-V dan Hyundai Creta memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Honda HR-V dibanderol mulai Rp 364,9 juta – Rp 515,9 juta dan Hyundai Creta dibanderol mulai Rp 288 juta – Rp 404 juta. Harga tersebut berbeda sesuai dengan tipe dan varian yang dipilih.

Itulah perbedaan antara Honda HR-V dan Hyundai Creta dari segi harga, fitur dan mesin yang dapat Anda ketahui.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.