Adu Mesin SUV Ferrari Purosangue Vs Lamborghini Urus, Siapa Lebih Gahar?

Jakarta

Ferrari Purosangue resmi meluncur di Italia. SUV pertama milik merek supercar berlogo kuda jingkrak itu bakal berhadapan dengan kompetitornya, yakni Lamborghini Urus. Di atas kertas, mana yang lebih gahar spesifikasi mesinnya?

Ferrari Purosangue dibekali mesin konfigurasi V12, 6.500 cc, Naturally Aspirated (N/A). Mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 715 dk, yang didapat pada 7.750 rpm dan torsi maksimal 716 Nm yang bisa diraih pada 6.250 rpm.

Ferrari Purosangue, SUV Perdana FerrariFerrari Purosangue, SUV perdana Ferrari Foto: Dok. Ferrari

Dengan tenaga mesin sebesar itu, klaimnya Purosangue hanya butuh 3,3 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam. Sedang untuk gaspol dari 0-200 km/jam hanya perlu 10,6 detik. Kecepatan maksimum SUV ini bisa mencapai 310 km/jam.

Beralih ke Lamborghini Urus yang meluncur duluan, memiliki mesin yang lebih inferior dari Ferrari Purosangue. Urus dibekali jantung mekanis V8 twin-turbo, 4.000 cc. Mesin itu bertenaga maksimal 641 dk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 850 Nm pada 2.250 rpm.

Di lintasan aspal, Lamborghini Urus mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,6 detik. Sedangkan akselerasi dari 0-200 km/jam cuma 12,8 detik. Kecepatan tertinggi mobil ini diklaim mencapai 305 km/jam.

Lamborghini Urus Pecahkan Rekor Kecepatan di Atass ESLamborghini Urus pecahkan rekor kecepatan di atas lintasan es Foto: Dok. Lamborghini

Meski mesinnya tidak sebesar Purosangue, Lamborghini Urus telah memecahkan rekor kecepatan tertinggi di atas Danau Baikal yang beku di Siberia, Rusia. Lokasi itu merupakan danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia. Saat menaklukkan rekor kecepatan, danau dalam keadaan beku.

Rekor kecepatan ini diselenggarakan oleh perusahaan balap LAV yang diadakan antara 10-13 Maret 2021 dalam acara Days of Speed. Hasilnya, Urus bisa menembus kecepatan 298 km/jam. Angka itu hanya kurang 4 km/jam dari kecepatan maksimal yang dicapai selama sesi latihan.

Simak Video “Beda Level! Hyundai Palisade Tak Sejajar dengan Pajero dan Fortuner
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.