Agar Pelek Motor Tidak Penyok, Perhatikan Ini!

Jika Anda tinggal di daerah pinggiran Jakarta, tentunya jalanan berlubang masih kerap Anda jumpai. Ditambah lagi, jika Anda mengendarai motor, pelek Anda kemungkinan bisa menjadi korbannya. Sesungguhnya, ada dua penyebab pelek motor peyang yang jarang disadari oleh para bikers.

Penyebab pelek motor peyang ini harus diperhatikan agar kendala pelek peyang tidak terjadi pada pelek motor Anda.

Bahayanya, saat pelek motor peyang atau sepeleng, ketika diajak bermanuver seperti berbelok maka akan terasa tidak stabil.

Umumnya pelek motor sepeleng atau peyang disebabkan karena crash atau kecelakaan.

Namun, seperti dikutip dari GridOto.com, bengkel spesialis press pelek dan rangka berikut ini ungkap dua penyebab pelek motor peyang atau sepeleng lain yang yang jarang diketahui orang banyak.

Tekanan Angin

Kondisi tekanan angin pada ban motor yang kurang dari rekomendasi ternyata bisa membuat pelek sepeleng atau peyang.

“Terutama pengendara yang jarang memperhatikan tekanan angin bannya,” buka Abdul Rahman, Mekanik Kusuma Press seperti dikutip dari GridOto, Senin (13/06).

“Soalnya kalau ban dalam kondisi kempis terkena lubang, yang kena duluan adalah pelek. Jika hantamannya keras bisa saja pelek peyang atau sepeleng,” tambah Rahman, panggilannya.

Perlu Anda tahu, salah satu fungsi ban memang sebagai peredam maka jika tekanan angin ban kurang, maka redamannya jadi kurang maksimal.

Kondisi Ban

Selain dari tekanan angin, kondisi ban motor yang kembangan atau patternya habis ternyata bisa jadi pemicu pelek motor sepeleng atau peyang.

Kok bisa ban botak bikin pelek motor peyang atau sepeleng?

Saat ban motor sudah botak kembangannya (pattern), lapisan karet luarnya sudah tipis,” jelas Abdul.

“Ban motor yang sudah tipis kemampuan meredamnya juga berkurang. Makanya kalau tiba-tiba menghantam lubang bisa membuat bibir pelek epeleng dan peyang,” tuturnya saat ditemui di Jalan K.H.M Yusuf Raya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Nah, itu tadi dua penyebab pelek motor sepeleng atau peyang yang jarang disadari banyak pengendara motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.