Alasan Mazda Makin Serius Garap Pasar Sedan

Di Indonesia, penggemar sedan memang tak sebanyak mobil MPV dan SUV.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mobil sedan adalah salah satu jenis mobil yang cukup digemari di pasar global. Di Indonesia, meski jumlah penggemar sedan memang tak sebanyak mobil MPV dan SUV, tapi peminat sedan tetap eksis.

Beberapa brand secara konsisten mengakomodasi kebutuhan pasar sedan lewat beberapa produk andalan. Salah satu pabrikan yang serius dalam menggarap pasar sedan adalah Mazda yang dipasarkan di Indonesia lewat PT Eurokars Motor Indonesia (EMI).

Managing Director EMI, Ricky Thio mengatakan, sedan adalah mobil yang praktis dan memiliki desain elegan sehingga bisa jadi penunjang lifestyle. “Apalagi, skema pajak terbaru membuat harga mobil sedan di Indonesia jadi lebih kompetitif, infrastruktur jalan di Indonesia juga terus membaik sehingga mobil sedan bisa jadi solusi mobilitas yang pas,” kata Ricky Thio kepada Republika.co.id saat dijumpai dalam peluncuran New Mazda 2 Sedan di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Ia juga menyebut, sedan juga jadi mobil favorit di beberapa negara lain karena memang sedan memiliki banyak keunggulan baik dari segi keamanan, kenyamanan, performa dan efisiensi. Beragam keunggulan itulah yang membuat Mazda ingin serius untuk menggarap pasar sedan di Indonesia.

Tadinya, pabrikan Jepang ini mengakomodasi pasar sedan lewat dua produk yakni Mazda 3 Sedan dan Mazda 6 Sedan. Kini, Mazda pun melakukan perluasan jagkauan pasar sedan lewat peluncuran New Mazda 2 Sedan.

Selama sekitar 10 tahun, Mazda 2 sendiri dipasarkan di Indonesia hanya dalam format hatchback. Kini, melihat adanya ubahan skema pajak dan perkembangan infrasruktur, maka Mazda percaya diri untuk menyajikan format sedan dari Mazda 2.

Menurutnya, New Mazda 2 Sedan yang dibekali dengan Skyactiv Vehicle Dynamic dan Skyactiv Vehicle Architecture ditargetkan mampu mengantongi penjualan sekitar 60 unit per bulan. Ia optimistis target itu bisa tercapai karena mobil ini hadir dengan sejumlah keunggulan mulai dari velg 16 inch, lampu depan dengan auto on/off serta wiper dengan sensor hujan.

Produk dengan mesin 1,5 liter berkemampuan 110 daya kuda dan torsi 144 Nm with Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control System (TCS) ini sendiri ditawarkan dangan harga Rp 338 juta. Ia berharap, kehadiran produk terbaru ini bisa membuat konsumen lebih leluasa dalam memilih produk sesuai dengan preferensinya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.