Alasan PO Sumber Alam Belum Mau Punya Bus Double Decker

Jakarta

Bus double decker kini semakin banyak digunakan Perusahaan Otobus di Pulau Jawa. Bus dengan kabin bertingkat ini banyak digunakan untuk rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Meski kian populer, bus double decker belum dilirik PO Sumber Alam. Apa alasannya ya?

Sumber Alam merupakan salah satu PO legendaris dan populer di tanah Jawa. Perusahaan Otobus yang didirikan sejak 1975 ini melayani rute Yogyakarta-Jakarta. PO Sumber Alam bermarkas di Purworejo, Jawa Tengah.

Sejauh ini PO Sumber Alam baru fokus pada armada-armada bus single deck. Padahal di pasaran mulai banyak PO yang menggunakan armada bus tingkat.

Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali mengatakan, pihaknya saat ini belum terlalu butuh bus AKAP jenis double decker. Hal itu karena kondisi jalur yang dilintasi trayeknya belum memadai.

“Kalau untuk pasar sini belum (terlalu butuh double decker). Karena jalur selatan sini kalau pakai double decker itu jalannya kan lebih kecil dari yang utara. Lalu di kanan kiri kan pepohonannya masih cukup banyak, jadi akan mengalami kesulitan di jalan, karena jalannya harus di tengah,” kata Anthony kepada detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (13/9/2022).

Sebagai informasi, bus-bus Sumber Alam menggunakan jalur selatan untuk mengantarkan penumpang dari Jakarta menuju Purworejo, Yogyakarta, atau sebaliknya. Bus tidak full melewati tol Trans Jawa, biasanya keluar tol di Brebes dan melintasi jalan raya provinsi melewati Bumiayu, Purwokerto, dan juga Kebumen. Nah, jalur provinsi tersebut tergolong sempit untuk ukuran bus double decker.

“Ini kan rencananya Cilacap-Yogyakarta akan ada tol, lalu Cilacap juga akan nyambung ke utara, sama akan nyambung ke Bandung. Kemungkinan kalau tol-tol itu sudah jadi, bus-bus double decker akan banyak berseliweran di sini,” bilang Anthony.

Simak Video “Penyesuaian Harga BBM, Tarif Bus AKAP Ekonomi Resmi Naik
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.