All New Honda City sedan, lebih nyaman kian elegan

Surabaya (ANTARA) – Meski terlahir dalam platform hatchback, namun Honda City generasi ketujuh versi sedan memiliki beberapa keistimewaan dalam hal fitur, kelegaan kabin dan bagasi, fitur hingga performa. 

Di Indonesia, All New Honda City generasi ketujuh awalnya muncul dalam versi hatchback sebagai suksesor Honda Jazz. Tak lama kemudian, All New Honda City versi sedan untuk pasar entry level masuk dengan wajah yang nyaris serupa dengan versi hatchback-nya.

ANTARA berkesempatan mencoba All New Honda City sedan dengan rute Jakarta-Malang-Jakarta sejauh 1.800 kilometer selama lima hari. Terdapat beberapa keistimewaan yang menjadi catatan selama perjalanan, berikut ulasannya:

Elegan

Kesan pertama saat menggunakan All New City sedan adalah nuansa elegan yang memancar dari desain eksterior mobil di kelas small sedan itu. Meski memiliki wajah sama dengan All New City hatchback, namun varian sedan dapat memancarkan aura mewah berkat grille dan handel pintu berlapis krom, cangkang foglamp berkelir hitam dan LED pada lampu utama, foglamp dan DRL, serta desain keseluruhan yang seolah menunjukkan bahwa mobil ini bukan di kelas small sedan, melainkan di atasnya.

Pada interior, jika All New City hatchback memberikan kesan sporty dengan warna hitam yang dominan pada kabin. All New Honda City sedan justru memberikan kesan elegan dengan perpaduan warna abu-abu dan hitam, kendati secara umum isi kabin kedua mobil tersebut adalah sama.

Baca juga: Honda pangkas produksi 40 persen di Jepang karena hambatan pasokan

Tata letak fitur-fitur pada dashboard juga dibuat praktis dan cenderung memudahkan pengemudi. Kendati demikian, penempatan head unit, panel AC dan fitur lainnya tetap dibuat berjarak sehingga tidak terlihat menumpuk.

Kabin lega

Bagasi All New Honda City sedan (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)

Dengan menggunakan platform serupa, All New Honda City sedan maupun hatchback memang sudah dikenal memiliki ruang kabin yang lega.

Hal yang menjadi pembeda pada versi sedan adalah keberadaan bagasi ekstra besar yang bisa memuat berbagai koper ukuran jumbo, galon air mineral, bahkan dalam posisi kosong bisa bisa dimasuki orang dewasa.

Bedanya dengan versi hatchback adalah kursi baris kedua bisa dilipat sehingga memungkinkan pengguna memasukkan barang dalam posisi memanjang. Sedangkan pada varian sedan, kursi baris kedua tidak bisa diangkat sebagai kompensasi dari ruang bagasi yang besar di belakangnya.

Hal lain yang menjadi unggulan adalah ruang kaki (legroom) luas pada kursi baris kedua. Bahkan, jika kursi baris pertama dimundurkan, masih tersedia ruang kaki yang cukup untuk penumpang di baris kedua.

Ruang kabin dengan headroom dan legroom yang lega membuat penumpang lebih nyaman dan tak mudah lelah meski melakukan perjalanan jauh.

Nyaman

All New City sedan memiliki bantingan suspensi yang lebih empuk jika dibandingkan dengan All New City hatchback. Hal itu bisa dipahami karena versi hatchback menonjolkan performa sporty sedangkan All New City sedan mungkin didesain untuk kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Kenyamanan tidak hanya datang dari suspensi, hadirnya banyak kompartemen penyimpanan barang dan sejumlah output pengisian daya di baris depan dan belakang, membuat pengguna dapat menikmati perjalanan dengan lebih praktis.

Dari sisi pengemudi, handling yang ditawarkan mobil ini sangat responsif dengan bantingan yang stabil sehingga bisa diajak bermanuver atau meliuk-liuk di jalanan dalam kota ataupun luar kota.

Kaya fitur

Panel instrumen All New Honda City sedan (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)

Meski All New Honda City sedan tak dilengkapi Honda Sensing, namun fitur yang tersedia saat ini sudah cukup kaya di kelas small sedan. Sebut saja remote engine start, head unit 8 inci layar sentuh, 6 airbags dan paddle shift.

Baca juga: HPM tampilkan Honda N-Box di Senayan Park

Salah satu fitur yang paling berguna saat berperjalanan jauh adalah cruise control yang mampu menjaga kecepatan mobil di jalan tol yang lengang, sehingga pengemudi tidak cepat lelah. Hal itu terbukti selama perjalanan ke Malang dan kembali ke Jakarta, cruise control menjadi fitur yang paling sering dipakai selama perjalanan.

Selain itu, cruise control juga bisa mengoptimalkan efisiensi bahan bakar karena mampu menjaga kecepatan mobil menjadi lebih stabil dan menghindari injakan pedal gas yang berlebihan.

Performa mesin

Bermodalkan mesin L15ZF, 1.500cc DOHC i-VTEC dengan output 121 PS pada 6.600rpm, All New Honda City memberikan kinerja yang mengejutkan.

Dibandingkan City versi sebelumnya, sedan generasi ketujuh ini mampu memberikan performa yang agresif, terutama jika pengguna melakukan akselerasi.

Saat dipacu, akselerasi Honda City ini langsung terasa sejak ujung kaki menyentuh pedal gas. Meski tidak menghitung waktu akselerasi untuk mencapai 100km/jam, namun respons mobil dirasa responsif untuk menuruti kemauan pengemudinya.

Artinya, Anda tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk mendapatkan performa mobil ini.

Mesin yang dipadu transmisi CVT itu juga mampu mempertahankan ciri khas Honda, yakni nyaman dan halus terutama saat dijalankan pada RPM rendah. Namun bila Anda menginginkan kecepatan, mobil ini mampu memberikan jawaban, terutama jika menggunakan tranmisi S yang dipadu paddle shift untuk memberikan sensasi berkendara yang sporty.

Cara itu juga bisa Anda lakukan saat melintasi jalan menanjak dan menurun di daerah Malang untuk mendapatkan akselerasi, sekaligus memanfaatkan engine brake saat jalanan menurun.

Secara umum, mobil dengan nama “City” itu tidak sepenuhnya hanya menjadi mobil di perkotaan. Melainkan sangat layak dan nyaman untuk diajak menjelajah dengan rute jauh berkat keunggulan yang disematkan Honda pada sedan tersebut.

Sayangnya, saat ini All New Honda City sedan hanya ditawarkan dalam satu tipe seharga Rp365,4 juta. Padahal dengan skema pajak sedan yang lebih rendah, Honda bisa saja menyediakan lebih banyak opsi untuk konsumen yang masih menginginkan sedan. Di sisi lain, versi hatchback Honda City tersedia dalam tiga tipe yakni MT, CVT dan Sensing.

Baca juga: Persiapan AHM menuju elektrifikasi roda dua

Baca juga: Motor petualang Honda Cub House CT 125 Trail hadir di Thailand

Baca juga: Honda segarkan empat motor edisi 2023 mereka di Eropa

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.