Apa Fungsi Glow Plug Pada Mesin Diesel?

Sahabat Oto… Pada mobil bermesin diesel, kita akan ditemui satu komponen penting bernama busi pijar (glow plug). Fungsi glow plug adalah meningkatkan suhu udara di dalam ruang bakar demi mempercepat proses pembakaran. Glow plug hanya akan ditemui pada mesin diesel karena memang proses pembakarannya di ruang pengapian berbeda dari mobil mesin bensin.

Bila mesin bensin menggunakan busi atau spark plug untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, maka mesin diesel membutuhkan busi pijar atau glow plug untuk meledakkan campuran bahan bakar dan udara melalui tekanan kompresi tinggi dan panas yang cukup. 

Ketika tekanan kompresi dan panas ideal sudah didapatkan, maka campuran antara solar dan udara di dalam ruang pembakaran mesin diesel bisa meledak dan menghasilkan tenaga mesin. Hasilnya, mobil pun bisa menyala dan dapat digunakan. Nah, dalam proses mendapatkan suhu ideal untuk pembakaran inilah fungsi glow plug sangat dibutuhkan. 

Glow plug pada mesin diesel akan memanaskan udara di dalam ruang bakar. Harapannya agar mesin bisa segera mencapai temperatur pembakaran ideal untuk membakar solar dengan udara yang akan menjadi tenaga bagi mesin.

Untuk letaknya, glow plug biasa dipasang masuk di dalam ruang bakar. Bagian yang menghasilkan energi panas diarahkan langsung ke ruang pengapian agar suhu udara di dalam bisa lebih cepat panas. Pada mesin diesel tipe direct injection, glow plug dipasang langsung tepat di dalam ruang bakar yang berhadapan dengan piston mesin. Sedangkan, pada mesin tipe indirect injection, busi pijar ini dipasang pada pre-chamber.

13 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.