Apa Itu Throttle Body pada Motor?

Suara.com – Motor injeksi kini banyak diproduksi dan dijual di pasaran karena memiliki perawatan dan pembakaran yang lebih baik dari teknologi karburator. Salah satu bagian dari sistem teknologi injeksi adalah throttle body. Lantas apa itu throttle body pada motor?

Throttle body adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai saluran utama untuk mengatur jumlah udara yang masuk ketika mengoperasikan throttle valve melalui throttle grip. Diketahui throttle body memiliki beberapa sensor yaitu Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Temperature (IAT) sensor dan Manifold Absolute Pressure (MAP) sensor.

Throttle body menjadi bagian dari mesin kendaraan yang rawan terjadi kerusakan. Anda dapat mengetahui beberapa tanda terjadinya kerusakan pada throttle body sebagai berikut.

1. Mesin terasa lebih berat

Baca Juga:
Kerennya Motor Konsep Harley-Davidson Garapan Mahasiswa, Desainnya Ciamik

Dilansir dari situs resmi Suzuki, mesin terasa lebih berat ini disebabkan adanya kotoran yang menumpuk sehingga membuatnya terhambat. Anda akan merasakan gas terasa lebih berat dan laju kendaraan terkesan lambat.

2. Mesin tidak bertenaga

Anda akan merasakan mesin tidak bertenaga meski telah memacu kendaraan ke dalam titik maksimal. Kondisi ini diperlukan pengecekan dan pembersihan throttle body.

3. Mesin macet dan BBM lebih cepat boros

BBM akan terlalu banyak masuk ke ruang bakar mesin apabila throttle body bermasalah. Kondisi ini menyebabkan motor kesulitan untuk berakselerasi, mesin bisa macet dan BBM juga akan semakin boros

Baca Juga:
Teliti sebelum Membeli: Ini Perbandingan Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta

Throttle Body Harus Dalam Keadaan Bersih

Throttle body menjadi bagian dari mesin yang harus dijaga dalam keadaan bersih. Apabila throttle body kotor maka kinerja mesin bisa saja menurun. Kotoran yang menumpuk akan menghambat udara dapat masuk ke dalam intake manifold. 

Cara membersihkan throttle body dapat dilakukan dengan mengelapnya dengan kain dan cairan pembersih. Cairan pembersih disemprotkan ke kain dan dan usap throttle body hingga bersih.

Sangat tidak disarankan untuk menyemprotkan langsung cairan pembersih ke throttle body karena dapat menyebabkan karbon dan kotoran yang menempel dapat terdorong masuk ke intake manifold. 

Jika Anda kesulitan untuk membersihkan throttle body secara langsung, maka disarankan untuk melakukan pembongkaran throttle body tanpa melepas soket sensor. Namun, lebih baik Anda melakukan pembersihan throttle body dengan menggunakan jasa service motor terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah itulah informasi seputar throttle body adalah komponen yang mengatur jumlah udara pada kendaraan bermotor. Pastikan komponen ini selalu dalam keadaan bersih untuk meningkatkan pengalaman berkendara Anda. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.