Apa Sih Mesin Hybrid Itu? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sahabat Oto…. Untuk menciptakan efisiensi yang lebih tinggi dalam penggunaan bahan bakar, setiap APM berlomba-lomba untuk menciptakan mobil yang lebih ramah lingkungan salah satunya dengan menerapkan mesin Hybrid pada produk-produknya.

Apa sih Mobil dengan Mesin Hybrid itu?

Mobil dengan mesin hybrid mempunyai dua jenis penggerak di dalamnya, yaitu menggunakan motor listrik dan juga mesin bensin konvensional. Tentunya penggunaan dari kedua hal ini mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi. 

Sebagai contoh ketika Sahabat Oto mengendarai mobil dalam gerak yang pelan, maka mobil hybrid akan menggunakan mesin motor listrik sebagai tenaga penggeraknya. Ketika baterai yang digunakan habis, maka sistem akan mengubahnya otomatis menjadi mesin bensin.

Kemudian ketika mesin bensin sedang bekerja, maka secara otomatis daya baterai akan kembali diisi untuk kemudian nantinya kembali digunakan ketika motor listrik akan kembali digunakan.

Kelebihan Mesin Hybrid

Kendaraan dengan mesin hybrid memang saat ini semakin populer dan menjadi trend di dunia. Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh mesin dengan dua tenaga penggerak tersebut. 

Di mana salah satu kelebihan dari mesin hybrid yaitu jauh lebih irit akan bahan bakar daripada mesin konvensional.

Meski kendaraan dengan mesin hybrid memang masih mengonsumsi bensin, tapi tentu dalam hal ini akan jauh lebih irit dan sedikit dibandingkan dengan jumlah konsumsi dari mobil non hybrid. Hal ini diebabkan karena ketika menghidupkan mobil hybrid, maka mesin yang menggunakan bahan bakar minyak tidak akan hidup sama sekali.

Semua sistem kelistrikan yang ada pada mobil akan digerakkan dengan tenaga baterai, mulai dari audio, power window, maupun AC. 

Di samping itu mobil dengan mesin satu ini juga diklaim minim getaran dan juga rendah suara. Karena sebagian pengguna terkadang merasa tidak nyaman, terhadap suara serta getaran mesin yang dihasilkan oleh mobil dengan mesin konvensional. 

Meski mobil jenis hybrid irit bahan bakar namun performanya dalam akselerasi dan kecepatan mobil jenis hybrid tidak kalah dari mobil mobil non hybrid lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.