Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Ground Clearance?

Sahabat  Oto… Pernah mendengar istilah ground clearance? Istilah ini biasa muncul ketika Sahabat Oto membahas topik otomotif yang umumnya akan didengar saat membeli kendaraan baru di mana sales akan menjelaskan spesifikasi mobil, termasuk salah satunya ground clearance. 

Ground clearance merupakan salah satu pertimbangan penting saat membeli kendaraan, spesifikasi dari mobil ini krusial untuk diperhatikan, terlebih jika Sahabat Oto memerlukan mobil untuk dipakai di daerah rawan banjir, jalan berlubang, bergelombang, dan penuh polisi tidur.

Ground clearance merupakan jarak antara tanah atau permukaan aspal dengan titik terendah mobil. Titik terendah yang dimaksud bukanlah body atau footstep (pijakan kaki), namun kolong mobil. Sahabat Oto harus memperhatikan jarak kolong mobil dengan tanah karena hal tersebut berpengaruh terhadap performa.

Jika jaraknya terlalu tipis, maka bagian kolong mobil akan membentur polisi tidur atau tanjakan. Bisa juga mobil berisiko kemasukan banjir jika ground clearance-nya rendah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.