Astranauts 2022 Berikan Apresiasi kepada Mahasiswa dan Startup Lewat Kompetisi Inovasi Digital dan Teknologi

Suara.com – Astra atau PT Astra International Tbk adalah salah satu perusahaan publik terbesar di Indonesia, terdiri dari 240 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, dengan model bisnis perusahaan yang terdiversifikasi menciptakan sinergi dan peluang di seluruh sektor industri, termasuk bidang otomotif.

Selama 65 tahun berkiprah di Indonesia, inovasi menjadi budaya yang melekat dalam setiap langkah perjalanan bisnis Astra.

Disimak dari tayangan 65tahunastra.jagat.live serta rilis resmi Group Astra pada Senin (22/8/2022), Astra melalui Astranauts memberikan apresiasi kepada para pencetus ide inovatif dalam bidang digital serta teknologi.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro (layar tengah atas) beserta Direksi Astra bersama para pemenang Astranauts 2022 jalur Startup yang didampingi oleh Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto (kiri atas) pada Senin (22/8/2022) [PT Astra International Tbk].
Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro (layar tengah atas) beserta Direksi Astra bersama para pemenang Astranauts 2022 jalur Startup yang didampingi oleh Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto (kiri atas) pada Senin (22/8/2022) [PT Astra International Tbk].

Astranauts: Inspire, Innovate, Collaborate, adalah kompetisi inovasi digital dan teknologi untuk mahasiswa dan startup demi mendukung pengembangan inovasi digital serta teknologi di Tanah Air.

Baca Juga:
GIIAS 2022 Berakhir, Industri Otomotif Kembali Bergairah

Ada lima tema yang dikompetisikan, yaitu Future of Mobility, Future of Finance, Industry 4.0, Sustainability, serta Emerging Technology.

Acara Awarding Astranauts 2022 secara live dihadiri Bonifasius Wahyu Pudjianto, Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Djony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur Astra, serta Direksi Astra.

“Kolaborasi dan sinergi yang berkelanjutan telah menjadi bagian yang terintegrasi dari setiap langkah dan aktivitas bisnis Astra selama ini,” papar Djony Bunarto Tjondro.

“Kegiatan Astranauts: Inspire, Innovate, Collaborate, diselenggarakan untuk menciptakan ruang kolaborasi yang lebih erat lagi antara mahasiswa, startup, dan Astra dalam melahirkan ide-ide inovatif yang dapat menjawab tantangan bisnis saat ini dan masa depan,” jelasnya.

Baca Juga:
Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan UMKM Nasional Menjadi Bagian Perayaan HUT ke-65 Astra

Sementara Bonifasius Wahyu Pudjianto saat menyampaikan keynote speech menatakan bahwa sinergi antara pemerintah, swasta dan lembaga pendidikan atau akademisi adalah hal yang harus dikembangkan untuk menghadapi tantangan bonus demografi dan digitalisasi di masa depan.

“Kami mengapresiasi kegiatan Astranauts 2022 ini, yang mana kita harus berdayakan untuk menumbuhkan perubahan-perubahan yang signifikan pada generasi muda agar Indonesia lebih siap menghadapi tantangan-tantangan,” tandas Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia itu.

Astranauts Week telah berlangsung selama sepekan (15-22/8/2022) melalui situs astra.agorize.com, menampilkan rangkaian Webinar, Workshop, Info Session, Digital Showcase, sampai Astra Virtual Job Fair.

Lantas sebagai closing digelar Demo Day dan Awarding Astranauts 2022 yang menampilkan 20 ide inovasi terbaik sebagai finalis dari hampir 1.000 partisipan dan 500 ide yang didaftarkan.

Berikut daftar para pemenang dari masing-masing jalur:

Jalur Mahasiswa

Juara 1: Gromo, dengan inovasi “Smart transportation for livestock with smart decision system” (tema Industry 4.0).

Juara 2: Bumikan, dengan inovasi “A Platform that provides one-stop solution for death and after-life services” (tema Sustainability).

Juara 3: Auto Digda, dengan inovasi “Automatic guided vehicle can transform Into 4 types: unit loads, arm robot, towing, and forklift” (tema Industry 4.0), Benoit, dengan inovasi “Replacing silicon PV which is simpler, cheaper, and suitable for bio-based implementation” (tema Sustainability).

  • Pemenang jalur mahasiswa mendapatkan hadiah senilai Rp 30 juta untuk juara pertama, Rp 20 juta untuk juara kedua, dan Rp 10 juta untuk juara ketiga.

Jalur Startup

Juara 1: Crustea, dengan inovasi “Eco-aerator with IoT to Increase pond productivity and reduce operational costs” (tema Emerging Technology).

Juara 2: Tenang Heroes, dengan inovasi “Siri/Alexa for first aid mental health help, using Cognitive Behavioral Therapy and AI” (tema Emerging Technology).

Juara 3: Robotika Nusantara, dengan inovasi “Robotics education for early age kids through workshop, in-house curriculum and learning kits” (tema Industry 4.0).

  • Para pemenang mendapatkan hadiah senilai Rp 75 juta untuk juara pertama, Rp 50 juta untuk juara kedua, dan Rp 25 juta untuk juara ketiga.

Para pemenang dari jalur startup juga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra.

Selain itu, selama dua minggu sebelumnya, seluruh finalis Astranauts dari kedua jalur juga mendapatkan sesi mentorship eksklusif dari para ahli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.