Jakarta

Kepindahan Maverick Vinales dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP ke tim Aprilia Racing Team Gresisi di pertengahan musim balap MotoGP 2021 menjadi momen yang menarik dan jarang terjadi di MotoGP. Vinales yang akan melangsungkan balap pertamanya bersama Aprilia di MotoGP Aragon 2021 nanti. Lantas bagaimana jika ia meraih poin?

Terhitung sejak sebelum balapan MotoGP Aragon 2021 bergulir, Maverick Vinales tercatat masih bertengger di posisi ketujuh klasemen sementara MotoGP 2021. Vinales saat ini mengantongi 95 poin dari tim yang sebelumnya ia bela. Namun di MotoGP Aragon 2021 ini, Vinales akan start bersama tim barunya.

Akankah kepindahan Vinales ke Aprilia ini menggugurkan perolehan poinnya? Jawabannya tentu saja tidak. Total 95 poin yang sudah diraihnya tersebut adalah hak Vinales dan akan tetap menjadi miliknya.

“Perhitungan poin di MotoGP sudah cukup jelas. Ada tiga perhitungan poin yang berlangsung, yaitu poin untuk rider championship, manufacturer championship, dan team championship,” papar Race Director MotoGP, Mike Webb di kanal resmi MotoGP.

“Pebalap akan mencatatkan poin untuk dirinya. Jadi biarpun dia pindah ke tim lain (dalam satu musim), maka poin tetap tercatat untuk dirinya,” lanjut Webb.

“Sesuai regulasi, poin yang diperoleh Maverick Vinales sejauh ini tetap menjadi bagian dari total pribadinya, di rider championship. Sementara Aprilia, juga akan meraih poin di team dan manufacturer championship,” papar Webb.

Kesimpulannya, jika di sisa balapan MotoGP 2021 ini Vinales berhasil mencatatkan poin, maka poin tersebut akan tercatat untuk dirinya di rider championship.

Sementara untuk team dan manufacturer championship, poinnya tidak lagi untuk Yamaha Monster Energy dan Yamaha, melainkan untuk Aprilia Gresini Team dan Aprilia sebagai tim dan pabrikan yang kini dibela oleh Vinales.

Simak Video “Jajal Staria Jakarta – Bandung, Cocok Dimiliki atau Tidak?
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)