Bakal Melayat ke Inggris, Bayangin Joe Biden Naik Bus Tanpa Benteng Berjalan The Beast

Jakarta

Para pemimpin dunia akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II pada 19 September mendatang. Namun para tamu diimbau untuk terbang menggunakan pesawat komersial dan bus-bus khusus menuju area pemakaman di Westminster Abbey, London.

Ini dilaporkan situs berita Politico, para pemimpin dunia yang bakal melayat disarankan untuk tidak membawa kendaraan sendiri untuk sampai ke lokasi pemakaman. Masing-masing kepala negara juga diimbau tidak pergi ke London dengan helikopter atau jet pribadi.

Para pemimpin negara harus tiba di Inggris dengan penerbangan komersial, mengingat bandara London Heathrow tidak akan tersedia untuk pengaturan penerbangan pribadi atau parkir pesawat. “Jika memungkinkan,” saran Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO) seperti diberitakan Politico.

Tapi para pemimpin yang bersikeras bepergian dengan jet pribadi harus menuju “bandara yang tidak terlalu sibuk” di sekitar London, tambah FCDO.

Selanjutnya, para kepala negara akan diangkut menggunakan bus secara massal dari sebuah situs di London Barat, Inggris, demikian Politico melaporkan seperti dikutip dari pesan protokol resmi ke kedutaan asing.

“Lapisan keamanan yang berlapis dan komprehensif akan ditempatkan di seluruh London dan di semua tempat resmi yang digunakan untuk pemakaman kenegaraan dan acara terkait,” tulis dokumen FCDO

Pesan protokol juga mengatakan tamu internasional harus menjaga delegasi mereka sekecil mungkin, dan undangan pemakaman idealnya dibatasi untuk kepala negara dan pasangan mereka.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengkonfirmasi kehadirannya pada upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. Biasanya jika pergi dalam perjalanan jarak jauh, Biden bakal menggunakan psawat khusus kepresidenan ‘Air Force One’, dan kemudian menggunakan helikopter Marine One, serta benteng berjalan limusin lapis baja yang dijuluki “The Beast” untuk berkeliling.

“Dapatkah Anda membayangkan Joe Biden di dalam bus?” ujar seorang duta besar asing kepada Politico.

Namun dilaporkan The Guardian, biasanya saat Presiden AS melakukan perjalanan ke London, Air Force One menggunakan bandara Stansted, karena kehadirannya akan menyebabkan terlalu banyak gangguan di Bandara Heathrow Tahun lalu, Biden juga pernah berkunjung ke Inggris, namun mendarat di Royal Air Force Mildenhall, Suffolk, Inggris.

Timothy Miller, seorang spesialis keamanan dan mantan agen dinas rahasia AS, terang-terangan Joe Biden pasti tidak akan datang jika harus naik pesawat komersial ataupun bus.

“Intinya adalah presiden Amerika Serikat tidak akan pernah terbang komersial dan/atau naik bus,” katanya.

“Ada sejarah panjang keamanannya diakomodasi sepenuhnya oleh negara tuan rumah selama acara semacam ini. Tidak ada kemampuan bagi dinas rahasia untuk mengkompromikan keamanannya bahkan untuk acara seperti ini,” tambah dia.

Juru bicara Perdana Menteri (PM) Inggris, Liz Truss angkat bicara mengenai pengaturan perjalanan para pemimpin negara ke lokasi pemakaman Ratu Elizabeth II. Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (13/9/2022), pernyataan ini disampaikan setelah munculnya pemberitaan bahwa para pemimpin dunia harus naik bus khusus.

“Pengaturan untuk para pemimpin akan bervariasi, tergantung pada hal-hal seperti risiko keamanan, jadi kami memberikan panduan dan informasi melalui kedutaan,” kata juru bicara Perdana Menteri (PM) Inggris, Liz Truss kepada wartawan.

Simak Video “Doa Para Petinggi Inggris untuk Ratu Elizabeth II yang Jatuh Sakit
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.