Belum Daftar Beli Pertalite Sampai September, Siap-siap Diarahkan ke Pertamax

Jakarta

Pertamina masih terus membuka pendaftaran bagi para pengguna Pertalite dan solar subsidi. Pendaftaran itu dimaksudkan agar penyaluran Pertalite dan solar subisidi lebih tepat sasaran. Mereka yang tidak berhak menggunakan Pertalite, maka tidak lagi bisa mengkonsumsi BBM subsidi tersebut.

Rencananya, pembatasan Pertalite itu bakal diterapkan mulai September. Maka dari itu, masyarakat yang menggunakan Pertalite diminta untuk segera mendaftarkan diri ke laman subsiditepat.mypertamina.id. Lalu bagaimana kalau saat diberlakukan konsumen belum mendaftar?

“Ya, kalau tidak daftar boleh jadi mereka mau pakai nonsubsidi, kan lebih irit, lebih bagus,” kata Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman dikutip CNBC Indonesia.

Itu artinya, konsumen yang belum daftar akan diarahkan untuk membeli Pertamax dan BBM nonsubsidi lainnya. Sejauh ini kriteria kendaraan pengguna Pertalite belum diumumkan. Namun belum lama ini, Saleh menyebut belum ada perubahan terkait kriteria yakni mobil bermesin di bawah 1.500 cc dan motor di bawah 250 cc.

“Belum (ada perubahan), masih seperti yang sebelumnya di atas 1.500 tidak boleh dan motor di atas 250 cc,” jelas Saleh.

Untuk mendaftar, ada beberapa tahapan yang bisa diikuti sebagai berikut.

1. Siapkan KTP, STNK, Foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.
2. Buka situs subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam laman tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, kamu tinggal mengunduh (download) QR Code dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di website https://subsiditepat.mypertamina.id/. Kamu juga bisa datang ke SPBU terdaftar dan nanti akan dibantu oleh petugas.

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapatkanQR codekhusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

Simak Video “Beli Pertalite Wajib Pakai Aplikasi, Kapan Berlakunya?
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.