Berapa Harga dan Usia Baterai Mobil Hybrid?

Jakarta

Mobil hybrid saat ini jadi salah satu kendaraan ramah lingkungan yang ditawarkan di Indonesia. Model mobil hybrid di Indonesia sudah tersedia dari Low MPV hingga SUV Compact.

Paling hangat adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang memasarkan Ertiga Hybrid. Mobil LMPV ini menggunakan jenis mild hybrid, kapasitas baterai yang digunakan lebih rendah. Teknologi ini menggabungkan mesin bensin konvensional dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery dengan spesifikasi 6 Ah 12 V.

Suzuki memberikan garansi baterai lithium itu selama 5 tahun. Soal penggantian baterai biayanya mencapai Rp 15 juta.

“Lifetime baterai lithium-ion kita umurnya 5-10 tahun. Dan itu sangat kecil sekali (kemungkinan) mengalami kerusakan. Konsumen pun tidak perlu khawatir. Kita juga memberikan garansi sampai dengan 5 tahun ataupun 100.000 Km,” ucap Section Head of 4W Technical Service PT SIS, Adhi Prasojo.

Harga baterai dari mobil hybrid memang belum murah. Merek lain, seperti Toyota Corolla Cross Hybrid untuk penggantian baterainya mencapai Rp 30 jutaan. Teknologi hybrid yang ditawarkan pada Corolla Cross bisa berjalan selaiknya mobil listrik.

Untuk kecepatan rendah, Anda bisa menggunakan EV Mode dengan menekan tombol di konsol tengah. EV mode akan mengandalkan tenaga listrik saja jika tenaga listrik yang disimpan di baterai. Namun, saat mobil melaju lebih dari 50 km/jam, EV Mode secara otomatis akan dinonaktifkan dan mesin bensin membantu memberikan dorongan. EV Mode itu juga secara otomatis nonaktif ketika daya yang tersimpan di baterai kurang mencukupi.

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan Toyota juga memberikan garansi baterai selama 5 tahun. Sedangkan umur baterai mobil hybrid konsumen yang pernah masuk ke bengkel rata-rata diganti di atas 5 tahun untuk model-model hybrid yang sudah dipasarkan Toyota, seperti Prius hingga Camry.

“Corolla Cross baru keluar dua tahun terakhir. Belum ada penggantian baterainya,” terang Tara di sela-sela GIIAS belum lama ini.

Simak Video “Melihat Lebih Dekat Rocky Hybrid yang Mejeng di GIIAS 2022
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

16 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.