Berkendara Jauh Pakai Transmisi Manual, Ikuti Cara Ini Biar Nyaman

Jakarta

Berkendara dengan menggunakan transmisi matik memang lebih nyaman, soalnya menggunakan transmisi manual lebih lelah dibandingkan transmisi matik. Tapi tenang, bagi detikers yang berkendara menggunakan mobil manual tidak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk lebih nyaman saat berkendara.

Terlebih saat bertemu tanjakan dan turunan, ada beberapa tips menggunakan mobil bertransmisi manual yang benar. seperti dikutip laman resmi Auto2000. Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara waktu itu, perlakuan mobil manual dan matik berbeda. Terutama dalam hal pengoperasiannya.

Saat berkendara menggunakan transmisi manual dan bertemu medan menurun sebaiknya pengemudi mengoper ke gigi rendah seperti gigi dua atau tiga. Ini dilakukan agar terjadi engine brake yaitu pengereman yang dibantu putaran mesin sehingga mobil tidak meluncur karena ada efek tertahan dari kinerja mesin.

“Apalagi jika jalannya kosong dan menurun, untuk menghindari kecepatan tinggi maka jangan gunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju lebih kencang lagi ketimbang menggunakan gigi dua atau tiga,” ujar Suparman.

Mobil manualMobil manual Foto: Drivespark

Selanjutnya dijelaskan perhatian khusus juga perlu dilakukan saat di tanjakan. Banyak pengemudi melakukan setengah kopling ketika menanjak dan macet. Ini membuat komponen mobil tidak awet.

Jika jalan macet ditambah kondisi jalan menanjak, disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan setengah kopling karena akan timbul bau seperti terbakar dan bisa menyebabkan masalah.

“Jika berhenti posisikan perseneling ke netral, jangan masuk gigi lalu menginjak pedal kopling, itu yang akan menimbulkan masalah. Kopling menjadi aus dan akan mengganggu perjalanan Anda,” kata Suparman.

Simak Video “Tantangan Arus Balik Besar, Jasa Marga Harap Pemudik Maklumi Rekayasa Lalin
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.