BJJ Siap Transformasi Jadi Bank Digital di Tanah Air, Setelah Diakuisisi Astra dan WeLab

Suara.com – PT Astra International Tbk (Astra)–salah satu perusahaan nasional yang memiliki 240 anak usaha termasuk sektor otomotif dan pembiayaan–melalui anak perusahaannya PT Sedaya Multi Investama atau Astra Financial, hari ini, Senin (19/9/2022) mengumumkan penyelesaian transaksi akuisisi.

Dikutip dari rilis resmi Astra sebagaimana diterima Suara.com, Astra Financial bersama WeLab melalui WeLab Sky Limited (WeLab Sky) mengakuisisi salah satu bank komersial di Indonesia. Yaitu PT Bank Jasa Jakarta (BJJ).

Adapun proses penyelesaian transaksi ditandai dengan telah diperolehnya persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga:
FIFGROUP Wadahi Kebutuhan Pembiayaan Elektronik, Gadget, Hingga Perabotan Rumah Tangga Secara Virtual

Setelah penyelesaian transaksi akuisisi, Astra Financial dan WeLab Sky masing-masing memiliki saham BJJ sebesar 49,56 persen, dan menjadi pemegang saham mayoritas sekaligus pengendali bank.

Nantinya, Astra dan WeLab berencana untuk menjadikan BJJ sebagai bank digital inovatif di Indonesia.

Sebelumnya Astra dan WeLab telah berpartner dalam ekosistem teknologi finansial di Indonesia. Ini adalah kemitraan strategis kedua setelah pembentukan perusahaan patungan fintech lending bernama PT Astra WeLab Digital Arta (AWDA) pada 2018.

“Investasi di BJJ sejalan dengan aspirasi Astra pada pilar jasa keuangan untuk menjadi penyedia layanan jasa keuangan ritel yang terdepan di Indonesia serta mendukung perkembangan industri jasa keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas Djony Bunarto Tjondro,  Presiden Direktur Astra.

Astra Financial bersama  WeLab melalui WeLab Sky Limited (WeLab Sky) mengakuisisi salah satu bank komersial di Indonesia,PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) [PT Astra International Tbk].
Astra Financial bersama WeLab melalui WeLab Sky Limited (WeLab Sky) mengakuisisi salah satu bank komersial di Indonesia,PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) [PT Astra International Tbk].

Suparno Djasmin, Direktur Astra sekaligus Director-In-Charge Astra Financial menyatakan hasil riset menunjukkan, sekitar 77 persen masyarakat di Indonesia masih tergolong ke dalam kategori unbanked dan underbanked.

Baca Juga:
Safety Riding Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 Digelar di Kalimantan, Bagian dari HUT ke-65 Astra

“Melalui kerja sama ini, kami berharap BJJ dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta mempercepat inklusi dan literasi keuangan di Indonesia,” ungkapnya.

Sedangkan Simon Loong, Founder dan Group CEO WeLab mengatakan upaya memperluas kehadiran layanan bank digital group di seluruh Asia.

“Pertama di Hong Kong dan sekarang di Indonesia. Kemitraan dengan Astra mendukung fokus strategis WeLab dalam meningkatkan sinergi lintas negara dan bisnis dengan para mitra. Kami antusias bahwa mitra jangka panjang kami, Astra, akan bekerja sama dengan kami untuk memberikan layanan perbankan berbasis teknologi terbaik melalui BJJ di Indonesia,” sambut Simon Loong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.