Britania Raya Siap Pasang Kamera Khusus untuk Menindak Kendaraan dengan Knalpot Brong

Suara.com – Departemen Transportasi Britania Raya atau DfT (Department for Transportation) memasang target untuk menertibkan kendaraan yang menggunakan knalpot brong atau non-standar. Tujuannya meminimalkan suara bising yang dihasilkan.

Pemerintah setempat dijadwalkan akan memasang kamera khusus di empat wilayah di seluruh England dan Wales untuk memantau kendaraan yang masih menggunakan knalpot bising.

“Kami ingin warga yang bermukim di jalanan paling bising di seantero Britania Raya, yang tidak bisa beristirahat akibat kendaraan digeber dan menimbulkan suara knalpot bising bisa tertolong dengan sistem ini,” ujar Grant Shapps, Sekretaris Departemen Transportasi Britania Raya, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Ride Apart.

Polisi Amankan 53 Motor Knalpot Brong Selama Ramadhan di Banda Aceh. [Antara]
Polisi amankan 53 motor knalpot brong selama Ramadhan di Banda Aceh.  Sebagai ilustrasi [Antara]

Ia menambahkan, sejauh ini sudah terlalu lama para pengemudi dengan kendaraan bising mengganggu ketenangan umum. Jadi tiba saatnya pelaku penyebab suara bising ditindak.

Baca Juga:
Viral Pemotor Geber Knalpot Brong Saat Salat Id, Yuk Pahami Lagi Aturan Soal Saluran Gas Buang

“Sudah menjadi tugas bersama untuk menjaga ketenangan dan suara tidak berisik di ruas-ruas jalan sekitar permukiman,” tandasnya.

Menurut survei Departemen Transportasi Britania Raya, polusi suara bisa menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat. Polisi berhak mengeluarkan denda berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Departemen Transportasi menyatakan bahwa kamera detektor kebisingan mampu mengumpulkan bukti yang diperlukan bagi pihak berwenang untuk menindak pemilik kendaraan dengan knalpot brong.

Termasuk sepeda motor dan mobil dengan sistem pembuangan gas yang tidak sesuai standar.

Lewat uji coba yang dilakukan, pemerintah berharap dapat mengembangkan lebih lanjut teknologi ini ke sejumlah titik lainnya.

Baca Juga:
Melanggar Peraturan Lalu Lintas, Ratusan Sepeda Motor Knalpot Bising Diamankan Polres Majalengka

Perusahaan yang terlibat dalam proyek ini akan menguji berbagai sistem pengukuran kebisingan untuk menyempurnakan perangkat detektor. Sehingga hasilnya lebih akurat untuk mendeteksi alat bukti penyebab polusi suara. Yaitu knalpot bising.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.