Bukan Mandalika, Ini Sirkuit yang Jadi Tuan Rumah Pembuka MotoGP 2023

Jakarta

Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, biasanya menjadi seri pembuka MotoGP di awal musim. Namun tahun depan Qatar tak akan menjadi seri pembuka.

Sirkuit Internasional Lusail dipastikan tidak menjadi seri pembuka MotoGP 2023 karena sedang dilakukan renovasi. Muncul harapan Mandalika-yang musim 2022 ini menjadi seri kedua-akan menggantikan Qatar sebagai seri pembuka tahun depan.

Namun, MotoGP memastikan bukan Mandalika yang jadi seri pertama MotoGP 2023. Dikutip dari situs resmi motoGP, GP Portugal yang menjadi seri pembuka MotoGP 2023.

“Grand Prix Portugal akan menjadi acara pertama Kejuaraan Dunia FIM MotoGP 2023, dengan Autodromo Internacional do Algarve yang menakjubkan akan menjadi tuan rumah pembuka musim dari tanggal 24 hingga 26 Maret 2023,” tulis MotoGP dalam situs resminya, Selasa (2/8/2022).

Sampai saat ini, kalender MotoGP 2023 belum dirilis secara resmi oleh FIM. MotoGP baru mengumumkan seri pembuka MotoGP musim depan pengganti Qatar.

“GP Portugal 2023 akan menandai pertama kalinya kalender MotoGP dimulai di Eropa sejak 2006 dan akan menjadi pembuka musim ketiga yang diadakan di Eropa dalam lebih dari tiga dekade. Ini juga akan menjadi pertama kalinya Portugal menjadi tuan rumah balapan pertama tahun ini, dengan ekspektasi menjelang musim baru ditetapkan untuk mencapai kecepatan penuh di Algarve sebagai debut grid dengan warna dan mesin baru mereka, dan trofi pertama balapan. Juga akan ada tes pra-musim resmi yang diadakan di Portimo selama minggu-minggu sebelum acara, yang tanggalnya akan segera dikonfirmasi,” kata MotoGP.

Sebelumnya, banyak pula warganet dari Indonesia yang berharap Mandalika menjadi seri pembuka MotoGP 2023. Memang, seri MotoGP Mandalika berpeluang untuk menggantikan posisi MotoGP Qatar sebagai balapan perdana. Sebab, jika berkaca pada kalender balap musim ini MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika merupakan balapan kedua. Namun kini telah dipastikan bukan Indonesia yang menjadi seri perdana MotoGP 2023.

Simak Video “MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.