Bukan Mercy Lagi, Mobil Inggris Ini Antar Ratu Elizabeth II ke Peristirahatan Terakhir

Jakarta

Mobil jenazah Ratu Elizabeth II bukan lagi sebuah Mercedes-Benz. Setelah beberapa waktu lalu pakai Mercy, mobil jenazah yang membawa peti Ratu Elizabeth akhirnya pakai mobil Inggris.

Mobil jenazah itu diperkirakan menggunakan basis sedan Jaguar XJ 2010 yang dimodifikasi. Mobil jenazah ini kabarnya dirancang oleh Keluarga Kerajaan dan Jaguar Land Rover. Kendaraan itu diubah dan dikustomisasi oleh Wilcox Limousines, yang berbasis di Wigan.

Mobil jenazah ini pertama kali digunakan pada 13 September dan membawa peti mati Ratu dari RAF Northolt ke Istana Buckingham.

Jendela besar memungkinkan pelayat untuk memiliki pandangan yang jelas untuk melihat langsung peti mati Ratu saat melakukan perjalanan dari Westminster Abbey ke Windsor, kemarin. Bagian atas kaca bening dilengkapi dengan lampu sorot untuk menerangi peti mati. Sandi kerajaan pribadi Ratu juga ada di sisi mobil jenazah.

“Mobil jenazah Kerajaan telah dirancang untuk memungkinkan anggota masyarakat memiliki pandangan yang jelas tentang Peti Mati Yang Mulia saat melakukan perjalanan melalui London dan Windsor,” kata seorang juru bicara Istana Buckingham dikutip Express.

Beberapa perubahan lain pada mobil Jaguar ini antara lain pilar atap yang tipis dan atap yang lebih tinggi. Mobil ini memiliki warna Royal Claret, warna yang sama dengan kendaraan kerajaan yang disimpan di Royal Mews.

Mobil Jaguar yang mengantarkan jenazah Ratu Elizabeth II ini memiliki maskot bergambar St George berlapis perak yang membunuh naga. Maskot khusus George and Dragon dipasang di atas kap mobil, yang merupakan salah satu ciri khas dari mobil Rolls-Royce Phantom milik Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II sendiri memiliki ketertarikan dengan otomotif. Dia menyukai Jaguar, Daimler, dan Land Rover.

“Meninggalnya Yang Mulia Ratu telah membuat semua orang di Jaguar Land Rover sangat sedih, dan pikiran serta belasungkawa kami bersama Keluarga Kerajaan saat ini,” tulis Jaguar dalam sebuah pernyataan.

“Baru-baru ini, merupakan kehormatan besar bagi kami untuk berperan dalam perayaan Platinum Jubilee Yang Mulia, menandai pemerintahannya yang bersejarah dan luar biasa. “

Sementara itu, Jaguar bukan mobil jenazah pertama yang membawa peti mati Ratu Elizabeth II. Sebelumnya, peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawah oleh limusin Mercedes-Benz yang disediakan oleh William Purves.

Simak Video “Penerbangan Terakhir Ratu Elizabeth II Paling Banyak Dilacak dalam Sejarah
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.