Bukan Mobil Inggris, Ini Mobil Jenazah yang Bawa Ratu Elizabeth II

Jakarta

Jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Balmoral ke Edinburgh. Bukan pakai mobil Inggris, mobil jenazah untuk membawa Ratu Elizabeth ke Edinburgh menggunakan Mercedes-Benz.

Ini adalah mobil jenazah Mercedes-Benz E-Class yang dibangun oleh coachbuilder terkenal Jerman, Binz. Binz memang berpengalaman membangun ambulans dan mobil jenazah berbasis Mercy.

Mobil jenazah yang digunakan dalam iring-iringan Ratu Elizabeth adalah Binz H4 berbasis E-Class. Mobil ini menggunakan basis ‘W212’ 2009-2016. Mobil jenazah ini memiliki jarak sumbu roda yang diperpanjang dan memiliki dek belakang. Panjang keseluruhannya 5.999 mm.

Ekstensi memungkinkan mobil untuk mempertahankan ruang untuk penumpang kursi depan dan belakang, serta dek peti mati 2.800 mm. Jendela pada bodi belakang memiliki tinggi 750 mm, dengan tinggi keseluruhan kendaraan 1.920 mm.

Mobil jenazah ini mempertahankan suspensi udara Airmatic dari versi wagon E-Class. Mobil ini tersedia dengan pilihan E220d bermesin turbo-diesel 2.0 liter, atau varian plug-in hybrid E300e.

Members of the public line the streets in Ballater, Scotland, as the hearse carrying the coffin of Queen Elizabeth II passes through as it makes its journey to Edinburgh from Balmoral in Scotland, Sunday, Sept. 11, 2022. The Queen's coffin will be transported Sunday on a journey from Balmoral to the Palace of Holyroodhouse in Edinburgh, where it will lie at rest before being moved to London later in the week. (AP Photo/Scott Heppell)Mobil jenazah yang membawa Ratu Elizabeth II. Foto: AP/Scott Heppell

Ratu Elizabeth II sendiri semasa hidupnya sangat loyal dengan merek otomotif Inggris. Bahkan, warganet menyayangkan jenazah Ratu Elizabeth II malah dibawa dengan mobil Jerman.

“Di mobil jenazah Mercedes? Tidak ada lagi perusahaan Inggris yang membuat mobil jenazah? Sulit dipercaya,” tulis salah satu warganet di Twitter.

Kecintaan Ratu Elizabeth II dengan mobil Inggris sudah terlihat sejak dirinya muda. Saat itu ia ditaksir memilih untuk mengendarai Austin K2/Y. Saat masih menjadi putri, mobil itu juga digunakannya selama Perang Dunia II di teritori Inggris. Setelah itu, ia sering terlihat menggunakan Land Rover Defender untuk beberapa dekade.

Ratu Elizabeth II juga menghadiri pembukaan pabrik mesin mobil Inggris tersebut pada tahun 2014. Sang Ratu dilaporkan sangat mencintai Land Rover Defender 2002 110 TD5. Di saat generasi terbaru Defender keluar, Land Rover memberikan Defender 130 ke Palang Merah Inggris untuk sebagai perayaan ulang tahun ke-75 Ratu Elizabeth II sekaligus menghormati hubungan baiknya dengan mobil off-road kotak itu.

Tapi ia tak membatasi diri hanya dengan Land Rover saja. Mobil Inggris lain pun jadi favoritnya juga. Ia diketahui memiliki beberapa koleksi mobil Bentley, termasuk yang teranyar Bentayga dan juga Arnage yang berbasis limosin.

Belum lagi Rolls-Royce Phantom yang juga sering terlihat mengantar sang Ratu berpergian. Masih ada banyak lagi tentunya mobil Inggris yang menjadi kebanggan seperti Range Rovers, Vauxhall, dan Aston Martin.

Simak Video “Riwayat Kesehatan Ratu Elizabeth hingga Tutup Usia
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.