Bus Tronton Pertama di Indonesia, Punya Lift, Kabinnya Mewah

Jakarta

PO Sumber Alam memiliki satu armada istimewa yang menjadikannya paling unik dibanding lainnya. Armada itu adalah bus Limo, yang merupakan bus tronton pertama di Indonesia dengan panjang lebih dari 13 meter, memiliki kabin mewah, disertai lift.

Mengutip situs resmi Sumber Alam, bus Limo dibekali 10 roda atau 4 roda lebih banyak dari bus pada umumnya. Bus ini memiliki sasis triple axle, atau biasanya disebut juga dengan bus tronton. Di masa lahirnya bus Limo, bus tronton belum sepopuler seperti sekarang.

Bus Limo PO Sumber AlamBus Limo PO Sumber Alam Foto: Dok. Sumber Alam

Bus Limo Sumber Alam menggunakan sasis Mercedes-Benz 1521 dengan penambahan panjang sasis kurang lebih 1 meter, sehingga total panjang Limo keseluruhan mencapai 13,20 meter. Adapun bodinya dibuat oleh rekanan PO Sumber Alam yaitu karoseri Laksana di Ungaran, Semarang.

Interior bus ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, seperti dua ruang audio visual terpisah, tempat duduk mewah, mini pantry (dapur mini), toilet, termasuk juga sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur.

Bus Limo PO Sumber AlamBus Limo PO Sumber Alam Foto: Dok. Sumber Alam

Selain itu, masih ada fasilitas TV 42 inci dan sistem audio yang memadai. Terdapat pula ruangan khusus yang bisa digunakan untuk rapat, presentasi, menikmati film box office sepanjang perjalanan, hingga untuk karaoke.

Satu fasilitas yang sangat baru dari bus ini dan juga di klaim belum pernah ada di armada bus manapun di Indonesia adalah pintu lift pada bagian kiri belakang. Pintu lift ini berfungsi untuk naik dan turun bagi pengguna kursi roda ataupun jika harus membawa muatan yang sangat berat.

Atas keunikannya tersebut, bus Limo ini diganjar Rekor Muri pada 2009 lalu, dengan rekor pemilik modifikasi bus terpanjang beroda 10 dan dilengkapi fasilitas lift.

Bus Limo PO Sumber Alam memiliki lift di belakangnyaBus Limo PO Sumber Alam memiliki lift di belakangnya Foto: Dok. Sumber Alam

Simak Video “Menilik Bus dengan Fasilitas Hotel Berbintang Cocok Buat Mudik Mewah
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.