Cairan Radiator Memiliki Warna Yang Berbeda-Beda, Ini Alasannya

Sahabat Oto… Radiator merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat. Berfungsi sebagai pendingin, radiator membantu menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga tidak mengalami overheat.

Karena fungsi itu, komponen ini harus diisi dengan cairan yang biasa disebut air radiator. Mungkin masih banyak dari pemilik yang bertanya-tanya dan belum tahu mengapa air radiator diberi pewarna.

Setiap produsen cairan radiator memiliki warna cairan radiatornya masing-masing, warna radiator yang biasanya digunakan adalah warna hijau, merah, biru dan kuning.

Perlu Sahabat Oto ketahui, pemberian warna ini tidak berkaitan dengan kualitas dari cairan radiator, namun biasanya menjadi identitas dari masing-masing produsen pembuat cairan radiator.

Selain menjadi identitas dari produsen pembuat cairan radiator, alasan lain cairan radiator diberi warna ialah untuk memudahkan pemilik mobil dan bengkel saat ingin membedakan dengan cairan lainnya.

Sehingga, jika suatu saat ada ada cairan yang menetes, pemilik dan mekanik bisa langsung melakukan identifikasi apakah cairan tersebut berasal dari oli, air ac atau air radiator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.