Canggih, Smartphone Ini Dilengkapi Fitur Detektor Kecelakaan

Suara.com – Apple telah memperkenalkan jajaran iPhone 14 yang dilengkapi beberapa fitur keselamatan otomotif.

Kali ini perusahaan smartphone asal Amerika Serikat tersebut menambahkan fitur deteksi tabrakan bernama OnStar.

Dijelaskan perusahaan, ponsel ini dilengkapi akselerometer dual-core baru, yang mampu mendeteksi pengukuran G-force hingga 256G dan giroskop rentang dinamis.

Sensor ini bekerja dengan barometer serta mikrofon. Mampu mengenali suara keras yang disebabkan kecelakaan mobil. Sementara unit GPS dapat mendeteksi perubahan kecepatan secara tiba-tiba.

Baca Juga:
Lebih dari 200 UMKM Sektor Otomotif Tampil di Otobursa Tumplek Blek 2022, Ketua Umum IMI Sebutkan Penopang Ekonomi

Saat kerusakan terdeteksi, varian smartphone terbaru dari Apple ini akan secara otomatis menghubungi layanan darurat meskipun pemiliknya tidak sadarkan diri atau tidak dapat lagi mengaktifkan ponselnya.

iPhone 14 [APPLE ]
iPhone 14 [APPLE ]

Melansir Carscoops, fitur pendeteksi kecelakaan ini juga dapat terhubung dengan Apple Watch dan akan menghubungi layanan darurat ketika terjadi insiden. Karena jam tangan kemungkinan besar akan lebih dekat dengan korban daripada ponsel mereka.

Apple mengatakan fitur ini bergantung pada algoritma yang telah diatur dengan lebih dari satu juta jam mengemudi di dunia nyata serta berbagai macam data kecelakaan.

Fitur ini diklaim mampu membaca peringatan palsu yang terjadi dan mencegah untuk menghubungi layanan darurat. Pengguna juga dapat membatalkan alarm palsu, jika diperlukan.

iPhone pairing dengan BMW seri 5 [Dok BMW via ANTARA].
iPhone pairing dengan BMW seri 5. Sebagai ilustrasi pairing ponsel dan kendaraan [Dok BMW via ANTARA].

Selain fitur pendeteksi kecelakaan, jajaran iPhone 14 juga dilengkapi dengan Emergency SOS via satelit. Dengan demikian pengguna bisa mendapatkan bantuan di daerah terpencil sekalipun yang tidak memiliki layanan seluler.

Baca Juga:
Astra Bersama Anak Usaha Termasuk Sektor Otomotif Dukung Penguatan Link&Match Inisiasi B20

Saat menggunakan fitur ini, pengguna akan mengisi kuesioner singkat yang menjelaskan masalah yang dialami seperti masalah kendaraan atau pertolongan medis serta mengarahkan siapa keluarga atau kerabat yang dapat dihubungi.

iPhone 14 akan dijual mulai dari 799 dolar Amerika Serikat (AS) di Amerika Serikat, sedangkan iPhone 14 Plus senilai 899 dolar AS. Pelanggan juga bisa mendapatkan iPhone 14 Pro seharga 999 dolar AS dan iPhone 14 Pro Max seharga 1.099 dolar AS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.