Cara Membersihkan Jok Mobil, Beda Bahan Beda Cara Membersihkannya

Sahabat Oto… Udara yang lembab bisa membuat jamur tumbuh di permukaan jok mobil. Untuk mencegahnya Sahabat Oto perlu dengan rajib membersihkan dan memastikan jok berada dalam keadaan kering.

Namun bagaimana jika jamur terlanjur tumbuh pada permukaan jok? Untuk membersihkannya, Sahabat Oto tidak perlu pusing yang penting kenali terlebih dahulu jenis bahan jok yang digunakan, karena beda bahan yang digunakan untuk jok, beda juga cara membersihkannya.

Jok mobil berbahan kulit sintetis

Kursi mobil berbahan kulit sintetis amat umum ditemukan. Bahan ini dipakai pada hamper semua jenis mobil. Warnanya yang beragam serta teksturnya yang nyaman membuat masyarakat menyukainya. Untuk kendaraan dengan jok kulit sintetis, cara membersihkannya sangat mudah. Cukup dengan kain halus yang telah dibasahi dengan air hangat, kemudian jamur yang sulit dihilangkan bisa digosok menggunakansabun yang lembut. 

Jok mobil bahan kulit

Bahan kulit menciptakan kesan elegan pada interior kendaraan. Akan tetapi, bahan premium ini membutuhkan perawatan khusus, terlebih jika sampai tumbuh jamur. Untuk membersihkan jamur pada permukaan jok kulit Sahabat Oto memerlukan cairan khusus yang harus disesuaikan dengan jenis kulitnya untuk mengangkat jamur dari permukaan jok. Ada baiknya lagi kalau setelah pembersihan, kursi diberikan leather coating atau leather protection untuk menghindari tumbuhnya jamur.

Jok mobil bahan beludru

Cara membersihkan jok mobil dengan bahan beludru yang berjamur adalah dengan menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan. Untuk mengangkat jamurnya, Sahabat Oto bisa memakai sikat berbulu halus dan menggosokkannya secara satu arah. Hindari menggosok dua arah sebab akan merusak bahan beludrunya. Setelah dibersihkan, keringkan menggunakan lap kering, kemudian jemur di tempat panas. Untuk mempermudah, alangkah baiknya bila jok mobil dilepas terlebih dahulu.  

Jok mobil bahan nilon

Dengan harga lumayan terjangkau dan kualitas bagus, jok nilon memiliki kekurangan, yaitu gampang kotor. Hal ini disebabkan pori-pori atau lubang pada bahan ini terlalu besar sehingga kotoran lebih mudah masuk. Apalagi noda cair, lebih cepat meresap dibandingkan bahan jok lainnya. Alhasil, jamur mudah tumbuh di jok nilon apabila tidak rutin dirawat. Lantas, bagaimana cara membersihkan jok mobil yang berjamur ini? Mudah saja, yaitu dengan menggunakan cairan pembersih kemudian lap dengan kering setelahnya.

Jok mobil bahan vinyl

Membersihkan jamur dari jok mobil bahan vinil amatlah mudah. Sahabat Oto cukup menggunakan pembersih khusus jamur yang biasa dipakai untuk kendaraan. Caranya, semprotkan dulu cairan pembersih ke jok yang kotor. Setelah itu, lap menggunakan kain halus atau sikat berbulu lembut kemudian angin-anginkan supaya kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.