Cara Mengatasi Rem Mobil yang Masuk Angin

Sahabat Oto… Kondisi rem harus selalu prima kerana merupakan komponen yang sangat penting. Namun ada kalanya rem mengalami gejala masuk angin dimana biasanya terasa ketika tekanan pedal rem terasa ringan.

Tekanan pedal ini tidak mampu tersalurkan dengan baik ke kaliper. Melainkan terserap oleh partikel udara yang sudah berada di dalam sistem pengereman. Jika mobil Sahabat Oto mengalami masalah ini, sebaiknya segera perbaiki dengan beberapa cara di bawah ini:

Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu

Langkah awal yang perlu Sahabat Oto lakukan adalah pengecekan terlebih dahulu. Pastikan bagian mana yang memang mengalami kerusakan. Bisa dimulai dari melihat komponen piston kaliper rem depan dan belakang. Apakah ada kebocoran atau tidak. Jika memang ada, lakukan perbaikan.

Lakukan Proses Bleeding

Setelah proses perbaikan komponen yang rusak dilakukan, Sahabat Oto bisa memulai proses bleeding untuk memperbaiki kebocoran tersebut. Tancapkan selang bleeding yang menuju bagian nepel bleeding ke kaliper rem. Jika sudah, kocok rem dengan cara menginjak pedalnya. Tekan secara terus menerus hingga sudah terasa mengeras daripada sebelumnya.

Buka Baut Nepel Bleeder

Kalau sudah terasa mengeras, tahan pedal rem yang posisinya ada di bawah. Sahabat Oto bisa mulai membuka baut nepel bleeder dengan cepat lalu segera tutup kembali. Setelah itu Sahabat Oto bisa melihat gelembung udara yang keluar dari dalam nepel. Itulah angin yang sudah terlanjur masuk ke dalam sistem pengereman Sahabat Oto hingga terasa ringan saat diinjak.

Sahabat Oto bisa melakukan langkah di atas selama beberapa kali hingga tidak ada lagi gelembung yang terlihat keluar dari dalam nepel. Itu artinya sudah tidak ada lagi angin di dalam sistem pengereman Sahabat Oto.
​​​​​
Pantau Kondisi Minyak Rem

Sahabat Oto jangan lupa untuk memantau kondisi minyak rem yang bisa keluar dari dalam nepel. Memang proses ini membuat minyak rem keluar sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, siapkan cadangan minyak rem jika yang keluar dari mobil terlalu banyak.

Bersihkan Ceceran Minyak Rem

Jika seluruh proses sudah selesai, Sahabat Oto harus membersihkan semua ceceran minyak rem di sekitar. Khususnya yang mengenai komponen mobil lainnya karena bisa menimbulkan korosif sehingga merusak bagian tersebut. Gunakan saja air biasa hingga bersih.

Lakukan Uji Kendaraan

Sekarang lakukan uji kendaraan dengan mengendarainya dan menginjak pedal rem. Jika ternyata masih ada masalah yang terjadi, berarti sudah waktunya Sahabat Oto menyerahkan urusan ini kepada teknisi terpercaya dan handal.

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.