Cara Merawat Panel Meter atau Speedometer mobil

Sahabat Oto… Pada dasarnya, panel meter atau kita lebih sering menyebutnya dengan speedometer bukanlah komponen yang sensitif atau mudah rusak. Namun, bukan berarti Sahabat Oto lantas bisa membiarkannya secara sembarangan.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan panel meter mobil yang bisa Sahabat Oto lakukan untuk menjaga fungsi panel meter tetap optimal.

Bersihkan panel meter secara rutin

Saat Anda sedang mencuci mobil, sebaiknya speedometer pun ikut dibersihkan. Tidak perlu mengguyur speedometer dengan air, cukup bersihkan dengan lap microfiber basah dan kemudian keringkan menggunakan lap bersih. Langkah ini dapat mencegah tumbuhnya jamur yang bisa berisiko merusak tampilan dan fungsi panel meter mobil.

Jauhkan speedometer mobil dari air

Air yang merembes ke dalam panel meter bisa berpotensi menimbulkan korsleting. Karenanya, segera keringkan panel meter dengan lap bersih jika terdapat genangan air.

Hindari Sengatan sinar matahari secara langsung

Saat memarkirkan mobil, usahakan untuk memilih lokasi yang teduh. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menutup speedometer dengan cover khusus. Ini karena sinar matahari bisa merusak warna cat yang menempel pada panel meter.

Jauhkan dari medan magnet kuat

Medan Magnet bisa mempengaruhi kinerja dan fungsi speedometer. Kontak dalam jangka waktu lama dengan medan magnet bahkan bisa merusak instrumen ukur dalam panel meter mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.