Cara Mudah Merawat Aki Mobil Agar Awet

Sahabat Oto… Aki merupakan komponen yang perlu secara rutin untuk dicek. Komponen yang menampung daya listrik ini memang memiliki masa pakai yang perlu kita perhatikan.

Jika kita lalai untuk melakukan perawatan terhadap aki mobil, maka bisa dipastikan ketika kita akan berangkat berkendara maka mobil bisa tidak bisa distarter dan enggan untuk menyala. Untuk itu kita perlu mengetahui cara merawat komponen aki yang sebenarnya cukup sederhana.

Jaga kondisi aki

Hal paling mudah yang bisa Sahabat Oto lakukan adalah dengan menjaga aki agar selalu bersih. Buka kap mesin dan siapkan kain lap untuk membersihkannya dari kotoran. Biasanya kerap ada kotoran berupa serbuk putih di bagian kutup-kutupnya. Sahabat Oto bisa menyikatnya dengan sikat besi secara perlahan sampai bersih. 

Pasang Klem dengan erat

Jangan sepelekan klem aki mobil Sahabat Oto. Pastikan aki selalu terikat kuat dan tidak bisa bergoyang. Sebab jika  posisi aki mudah goyang maka akan terpengaruh saat Sahabat Oto melewati jalanan jelek.

Kemungkinan buruk yang bisa terjadi adalah mengalami arus pendek alias korsleting karena banyak getaran. Jika hal terburuk itu terjadi, maka potensi kebakaran bisa saja terjadi.

Matikan lampu

Setelah berkendara di malam hari, jangan tergesa-gesa langsung pergi meninggalkan kendaraan Sahabat Oto selepas mematikan kunci kontak. Cek lampu-lampu apakah sudah mati atau masih menyala.

Membiarkan lampu-lampu menyala padahal mesin sudah mati akan membuat aki cepat kehabisan arus listrik yang disimpannya. Jika sudah habis, maka siap-siap saja dikeesokan harinya mobil kesayangan Sahabat Oto akan susah dinyalakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.