Cara Tepat Pilih Aki Awet

Aki akan mengalami penurunan performa sehingga pengendara harus melakukan penggantian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam sebuah mobil, aki merupakan bagian yang cukup penting. Aki menjadi kunci dalam menyalakan mesin mobil dan menunjang beragam kebutuhan listrik dalam mobil. Pengendara perlu memperhatikan bagian aki agar kendaraan selalu bisa beroperasi dengan optimal.

Hal ini pun jadi perhatian PT Mitra Kencana Nusantara (MKN) yang berperan sebagai distributor aki dengan merek Silver. General Manager MKN, Yunus Setiawan mengatakan, seiring berjalanya waktu, aki pasti akan mengalami penurunan performa sehingga pengendara harus melakukan penggantian aki.

Terdapat beberpa hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih aki baru. “Setiap aki memiliki spesifikasi terkait ampere dan dimensinya. Oleh karena itu, pastikan pilih aki dengan ampere dan dimensi yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan,” kata Yunus kepada Republika.co.id pada Jumat (29/7/2022).

Selain itu, ia juga menyarankan agar pengendara memperhatikan kode produksi dalam aki. Dalam kode produksi tersebut, biasanya akan tertera kapan aki tersebut diproduksi.

“Pastikan pilih aki yang belum terlalu lama diproduksi. Karena hal ini akan mempengaruhi usia pakai aki tersebut. Selanjutnya, pastikan aki juga dilindungi oleh layanan garansi sehingga jika terjadi persoalan aki tersebut bisa langsung diganti secara gratis,” ujarnya.

Dengan memperhatikan beragam hal tersebut, maka ia meyakini aki yang dipilih oleh pengendara akan jadi aki yang awet sehingga pengendara bisa menghemat biaya perawatan kendaraan. Terkait merek Silver sendiri, Presiden Direktur MKN, Sutjipto Kalam mengatakan, Silver merupakan pendatang baru dalam industri aki di Tanah Air.

“Aki yang kami pasarkan merupakan aki yang diproduksi oleh Exide Industries. Perusahaan tersebut merupakan produsen aki yang terpercaya karena telah jadi original equipment manufacturer (OEM) untuk aki pada beberapa brand mobil,” kata Sutjipto Kalam.

Produk yang dipasarkan oleh Silver hadir dengan kualitas yang baik karena menerpakan thicker cast high performance plates sehingga tahan panas dan mampu menyimpan energi listrik dengah lebih lama. Selain itu, aki Silver juga menerapkan double separator yang menunjang lifetime yang lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.