Cegah Pencurian, Pemilik Mobil Disarankan Pasang Baut Khusus untuk Pelat Nomor

Suara.com – Kepolisian negara bagian Virginia, Amerika Serikat mendesak para pemilik mobil untuk membeli baut khusus pelat nomor mobil guna menekan angka kejahatan.

Berbicara kepada NBC12 di Virginia, Komandan Daerah Ketiga, Faith Flippo merekomendasikan untuk membeli baut yang memerlukan kunci untuk membukanya. Bukan sekadar pakai baut biasa yang bisa dibuka hanya dengan obeng.

“Bila menggunakan set baut khusus, pencuri lebih sulit menggunakan alat standar untuk melepas pelat secara cepat. Ini bisa membantu menekan kejahatan lainnya,” kata Flippo, dikutip dari Carscoops.

Ia menambahkan, pencurian pelat nomor saat ini menjadi aksi kriminal yang cukup meresahkan publik.

Baca Juga:
Adopsi Basis Huracan dan Urus, Tahun Depan Lamborghini Akan Rilis Dua Model

Mur dan baut yang menjadi bagian dari komponen otomotif. Sebagai ilustrasi [Dok JEKA].
Mur dan baut yang menjadi bagian dari komponen otomotif. Sebagai ilustrasi [Dok JEKA].

“Penjahat sering menggunakan pelat mobil yang tidak terdaftar atau dicuri, untuk melakukan tindakan ilegal lain,” terangnya.

Dengan beraksi menggunakan mobil yang memiliki pelat curian jelas akan merepotkan pemilik mobil. Pasalnya ada aksi kejahatan tanpa diketahui pemilik asli namun namanya akan terbawa-bawa ke pihak berwajib.

Menurut laporan, pencuri cenderung mencuri pelat nomor dari mobil yang mirip dengan model yang ingin mereka gunakan untuk aksi kejahatan.

Sementara itu, Hillsborough Country Sheriff’s Office, Larry McKinnon mengatakan, ketika penegak hukum melakukan pemeriksaan secara acak, mobil pelaku tindak kriminal tidak amenimbulkan kecurigaan.

“Satu-satunya cara kami dapat memeriksanya adalah menariknya secara fisik dan memeriksa nomor identifikasi kendaraan dari komputer,” ungkap McKinnon.

Baca Juga:
Cara Identifikasi Pelat Nomor Kendaraan Palsu Agar Tak Tertipu

Selain menggunakan baut khusus, polisi merekomendasikan untuk tidak menggunakan rangka pelat yang mudah dibongkar tanpa merusaknya. Mereka juga merekomendasikan untuk menghapus stiker pendaftaran lama sebelum memasang yang baru.

Dengan menempelkan yang baru langsung ke pelat, maka stiker akan lebih sulit lepas dan mencegah pencuri untuk memanfaatkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.