Cerita Ratu Elizabeth II Jadi Satu-satunya Orang Inggris yang Boleh Tak Punya SIM

Jakarta

Di usianya yang tidak lagi muda, Ratu Elizabeth II terlihat masih menyetir sendiri. Terakhir, ia terlihat menyetir sendiri di sekitaran Windsor pada akhir tahun 2021 usai mendapat pesan dari dokter untuk beristirahat. Dengan gaya klasik ciri khasnya yakni menggunakan scarf di kepala serta berkacamata, ia tidak canggung mengendarai Jaguar.

Diberitakan laman Express, meski memiliki banyak staff untuk mengantarnya berpergian, Ratu Elizabeth II tahu kapan waktu yang tepat untuk menikmati waktu berkendara. Ini memang bukan kali pertama Ratu Elizabeth II kedapatan mengemudi mobil sendiri.

Sepanjang masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II terlihat sering mengendarai mobil sendiri. Selera mobilnya pun tak kalah menarik. Wanita berusia 96 tahun itu ditaksir memiliki koleksi mobil senilai 10 juta Poundsterling atau setara Rp 171 miliar.

Uniknya, tidak seperti pengendara di Inggris Raya lainnya, Ratu Elizabeth II tidak pernah diminta untuk melakukan tes guna mendapatkan lisensi berkendara. Mengapa bisa begitu?

Sang Ratu diketahui telah berkendara untuk waktu yang cukup lama. Ia diketahui pertama kali belajar nyetir pada saat Perang Dunia II. Di saat Inggris tengah berperang di bawah kepemimpinan Raja George VI, Elizabeth II menjadi tentara angkatan darat sukarela Inggris.

Sebagai tentara, Elizabeth II yang kala itu masih menjadi Ratu telah dilatih sebagai pengendara dan mekanik yang andal. Ia dipercaya bisa mengganti ban dan membetulkan mobil sendiri.

Setelah itu, selama bertahun-tahun Elizabeth II sering terlihat menyetir sendiri, khususnya di kawasan Balmoral, Skotlandia. Pun ketika ada acara-acara khusus, seperti Royal Windsor Horse Show, Ratu Elizabeth II kedapatan menyetir sendiri.

Satu hal yang menjadi fakta unik lainnya, ia diketahui tidak pernah mengikuti tes mengemudi dan memang tidak diharuskan. Ratu Elizabeth II merupakan satu-satunya orang di Inggris yang tidak membutuhkan SIM untuk mengemudi karena seluruh SIM dikeluarkan atas persetujuannya.

Tapi semua cerita itu tinggal kenangan. Kini tidak akan lagi ada momen Ratu Elizabeth II menyetir sendiri. Istana Buckingham telah mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II wafat.

Simak Video “Momen Senator Australia Sebut Ratu Elizabeth II Penjajah saat Sumpah Jabatan
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.