Chery Balik ke Indonesia Tak Bawa Lawan Avanza-Xpander, Pilih Tarung di Kelas SUV

Jakarta

Market otomotif Indonesia saat ini masih didominasi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Meski demikian produsen mobil asal China Chery justru tak tertarik untuk bermain di dalamnya dan memilih memperkenalkan model SUV di Indonesia.

“Saya tahu MPV sangat populer di Indonesia, Kenapa? Karena pengendara kerap berkendara bersama keluarga, dengan 7 penumpamh. Tapi buat kami SUV akan lebih memenuhi kebutuhan masyarakat indonesia,” ucap Executive Vice President of Chery International, Zhang Shengshan, dalam sesi perbincangan khusus dengan detikOto.

“Karena memiliki kombinasi yang sempurna, memiliki dimensi layaknya MPV, memiliki 7 penumpang, jadi ini lebih baik. Kami pikir SUV lebih nyaman, dan study kami SUV bisa memenuhi kebutuhan konsumen lebih sempurna. Untuk itu kami memperkenalkan Tiggo untuk market indonesia,” Zhang menambahkan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya Chery memastikan pada Oktober 2022 akan mulai menjual Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Seperti dalam pemberitan detikOto sebelumnya, Chery Motor Indonesia mencoba meramaikan pasar di Indonesia dengan membawa dan telah memperkenalkan Tiggo 7 Pro.

Secara umum, desain dari Chery Tiggo 7 Pro ini khas medium SUV kekinian yang hadir dengan desain grille yang besar nan mewah dan juga siluet samping yang mengotak.

Di bagian depan, desain grille yang hadir di Tiggo 7 Pro ini berbeda dari Tiggo 4 Pro yang rapat polanya. Tiggo 7 pro hadir dengan grille yang membentuk aksen bintik-bintik dan lebih dewasa. Grille-nya dijepit oleh lampu utama proyektor LED yang desainnya menyipit.

Chery siap hadirkan 3 SUV dari Tiggo Series ke Indonesia. Tiggo 7 Pro pun siap mendominasi pasar Tanah Air dan menandingi Wuling Almaz hingga Honda CR-V.Chery siap hadirkan 3 SUV dari Tiggo Series ke Indonesia. Tiggo 7 Pro pun siap mendominasi pasar Tanah Air dan menandingi Wuling Almaz hingga Honda CR-V. Foto: Rengga Sancaya

Geser ke bagian samping, Tiggo 7 Pro ini menggunakan model atap mengambang. Selain itu, bodi sampingnya terlihat berotot dan khas SUV. Namun secara umum, desain dari Tiggo 7 Pro ini mengingatkan kami akan Wuling Almaz, khususnya pada pilar C-nya.

Di sektor kaki-kaki, Tiggo 7 Pro mengusung pelek palang lima ukuran 18 inci. Peleknya ini dibalut dengan ban ukuran 255/60 R18.

Geser ke belakang, desain Tiggo 7 Pro ini cukup ikonik. Satu hal yang jelas akan menjadi ciri khasnya di jalanan adalah model lampu belakangnya yang melintang dan juga tampak modern. Namun di belakang sini, Tiggo 7 Pro terlihat punya ruang yang cukup kosong dan hadirnya aksen ‘knalpot palsu’ membuatnya kian memaksakan unsur sporty.

Beralih ke interiornya, aura mewah langsung terasa. Pertama kami mencoba dudul di kabin penumpang. Rasanya cukup nyaman dan lega, namun posisi joknya lumayan rendah. Kendati demikian, duduk di kabin penumpang terasa nyaman berkat adanya AC dan juga model atap panoramic roof yang menguatkan kesan homey.

Area cockpit dari Tiggo 7 Pro ini tak kalah menarik. Layar instrumen kluster yang digital langsung menyambut ketika kita masuk, dan model setirnya pun sporty dengan aksen flat bottom.

Namun bagian paling mencolok dari Tiggo 7 Pro ini adalah konsol tengahnya. Chery menyematkan shifter model kekinian yang sudah elektrik. Selain itu, pengaturan AC-nya pun tampak atraktif dengan model panel sentuh.

Chery siap hadirkan 3 SUV dari Tiggo Series ke Indonesia. Tiggo 7 Pro pun siap mendominasi pasar Tanah Air dan menandingi Wuling Almaz hingga Honda CR-V. Foto: Rengga Sancaya

Menilik ke area hiburannya, Chery ternyata menyematkan head unit yang sama dengan Tiggo 4 Pro untuk Tiggo 7 Pro ini. Headunit-nya layar sentuh, dan punya beragam fitur yang kekinian seperti Apple Car Play hingga Android Auto.

Asyiknya, di area kompartemen penyimpanan tengah di bawah arm rest supir terdapat modul wireless charging dan USB port. Kompartemen ini juga berukuran cukup besar dan dapat menampung berbagai barang.

Untuk urusan mesin, Chery menyematkan 1.500 cc Turbo yang sama dengan Tiggo 4 Pro untuk Tiggo 7 Pro ini. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi CVT dan diklaim figur tenaganya tembus 154 HP dan torsi 230 Nm.

Sedangkan untuk fiturnya, Tiggo 7 Pro ini sudah dilengkapi dengan Electronic Parking Brake yang lengkap dengan Auto Hold, Airbags di beberapa titik, 360 Round View Camera, hingga berbagai fitur pencegah tabrakan lainnya.

Namun sama halnya dengan Tiggo 4 Pro, pihak Chery mengatakan mereka masih mempelajari kebutuhan konsumen Indonesia dan juga harga yang tepat untuk Tiggo 7 Pro ini. Sehingga bukan tak mungkin fitur yang kami jabarkan di sesi impresi pertama ini, bisa berbeda dari fitur Tiggo 7 Pro yang nantinya dijual resmi di Indonesia.

Simak Video “Asyik! Mobil China Chery Dipastikan Comeback ke Indonesia Akhir 2021
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.