Citayam Fashion Week Munculkan Parkir Liar-Ganggu Lalu Lintas, Perlu Dibubarkan?

Jakarta

Citayam Fashion Week (CFW) di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat jadi tren dan membuat zebra cross jadi area catwalk dadakan. Walhasil pengunjung semakin ramai hingga menimbulkan kemacetan dan parkir liar, bahkan masalah kriminalitas.

Pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto menilai sekumpulan anak muda yang mengerumuni Ibu Kota itu perlu dibina. Sebab sudah mengundang magnet bagi warga. Di sisi lain, kehadiran warga di ‘Citayam Fashion Week’ yang membeludak menimbulkan kemacetan lalu lintas.

“Ini merupakan bentuk kreativitas anak-anak remaja atau kelompok penyuka fashion yang ingin mengaktualkan idenya terebut di fasilitas umum untuk mendapatkan perhatian masyarakat,” kata Budiyanto dalam keterangannya dikutip Jumat, (29/7/2022).

“Namun di sisi lain apabila kegiatan ini dilaksanakan tanpa memerhatikan rambu-rambu lalu lintas akan berdampak kepada masalah-masalah lalu lintas dan ketertiban umum,” tambah dia.

Tak hanya masalah kemacetan dan parkir liar, Kepolisian mendapatkan laporan adanya aksi pencopetan pada kerumunan Citayam Fashion Week. Selain itu, ada laporan terkait pencurian motor.

“Kejadian pencurian motor dan handphone ada di kegiatan ‘fashion show’ Dukuh Atas,” kata Kapolsek Metro Menteng AKBP Netty Rosdiana seperti dilansir Antara beberapa waktu yang lalu.

Sejumlah opsi pun muncul untuk memindahkan ‘Citayam Fashion Week’. Selain ke Monas dan Kota Tua, ada usulan ‘Citayam Fashion Week’ digelar hanya saat car free day.

Budiyanto menambahkan, daripada meniadakan acara tersebut, sebaiknya pemerintah menyiapkan ruang guna mengantisipasi masalah lalu lintas yang muncul di kemudian hari.

“Kegiatan Citayam Fashion Week adalah bentuk kreativitas perlu kita bina dan arahkan karena dapat menghasilkan produk hiburan dan bahkan membangkitkan ekonomi kreatif,” ujar Mantan Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya ini.

“Hanya masalahnya kegiatan tersebut menggunakan fasilitas perlengkapan jalan yang mengakibatkan pada masalah lalu lintas antara lain parkir di atas trotoar, mengganggu kinerja dan kerawanan lalu lintas,” jelas dia.

“Solusi yang dapat diterima semua pihak dalam arti kreativitas yang muncul tetap kita berikan ruang namun tetap memperhatikan aspek-aspek lain untuk mengurangi dampak yang timbul terutama masalah lalu lintas dan berkaitan dengan ketertiban umum,” tambahnya.

Simak Video “Kerumunan Citayam Fashion Week Dibubarkan, Parkir Liar Ditertibkan
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.