Comeback Marquez di MotoGP Aragon Makan ‘Korban’: Quartararo dan Nakagami

Jakarta

Setelah sekitar empat bulan absen, Marc Marquez comeback pada MotoGP Aragon, malam tadi. Tapi kembalinya dia ke lintasan balap motor berakhir berantakan: cuma bertahan 1 lap dan terlibat inisden dengan dua pebalap lain.

Marquez terakhir mengikuti balapan pada MotoGP Italia, 29 Mei 2022. Dalam comeback-nya malam tadi, rider Repsol Honda itu pada awalnya terlihat meyakinkan setelah langsung naik tujuh peringkat dari posisi start 13 yang dia dapat pada kualifikasi.

Tapi setelah start gemilang tersebut, rider pemilik delapan gelar juara dunia itu malah dapat drama. Dia terlibat insiden dengan Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami yang berujung kedua pebalap tersebut mengalami crash di atas lintasan dan tak dapat melanjutkan balapan.

Pada akhirnya, Marquez juga gagal melanjutkan balapan karena mengalami masalah pada motornya. Dia menunggangi motornya masuk pit saat bendera kuning dikibarkan dan tak keluar lagi sampai balapan tuntas.

Insiden Marquez dengan Quartararo

Insiden pertama Marquez terjadi sesaat dia akan keluar dari tikungan ketiga.

Marquez ketika itu dalam kepercayaan diri tinggi, lantaran berhasil merangsek dari posisi 13 ke urutan enam setelah menjalani start gemilang.

Namun, sebagaimana dikutip dari The Race, Marquez membuat sebuah kesalahan kecil ketika keluar dari tikungan tiga itu. Kesalahan yang membuatnya kehilangan sedikit grip ban belakang.

Harus melakukan koreksi, kecepatan Marquez menurun. Di belakangnya Quartararo tak sempat bereaksi dan menghantam sisi kanan belakang motor Marquez. Di titik tersebutlah Quartararo harus menyudahi balapan setelah dia terlempar dari motornya.

“Di tikungan ketiga, benar bahwa saya kehilangan sedikit (kendali) ban belakang, dan saya menutup tarikan gas,” aku Marquez usai balapan.

Pada kesempatan yang berbeda, Marquez menyebut insiden dia dengan Quartararo murni insiden balapan.

Insiden Marquez dengan Nakagami

Tak lama setelah ‘membuat’ Quartararo crash, Marquez terlibat kejadian lain dengan Takaaki Nakagami. Menurut beberapa media, insiden dengan Nakagami sedikit banyak masih terkait dengan apa yang dia alami dengan Quartararo.

Marquez disebutkan tak menyadari ada masalah pada motornya usai dihantam Quartararo. Pebalap asal Spanyol itu baru sadar ketika dia mencoba mengaktifkan ride height device saat keluar dari tikungan delapan.

Saat ride height device diaktifkan, RC213V miliknya malah jadi tak stabil dan mengarah ke kiri di mana Nakagami berada, yang sebenarnya sedang melaju stabil. Ujung-ujungnya, Nakagami ikut mengalami crash dan tak bisa melanjutkan balapan.

Tak lama setelah kembali ke pit, Marquez terlihat mendatangi garasi LCR Honda untuk meminta maaf pada Nakagami dan timnya atas apa yang baru terjadi di lintasan.

“Secara khusus saya meminta maaf dan saya berbicara pada tim Taka (LCR Honda). Saya jelaskan ke mereka alasannya, karena jika Anda hanya melihat dari luar saja, dan tidak memerhatikan detil, maka yang terlihat adalah saya secara terang-terangan mengarah ke Taka. Itu tak beralasan karena sebenarnya saya sudah berada di depan,” tegas Marquez.

Simak Video “Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi
[Gambas:Video 20detik]
(din/dry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.