Dibilang Lucu sampai Mirip Pokemon

Jakarta

Motor Ducati Desmosedici GP yang dibawa Enea Bastianini dan Jorge Martin punya peranti aerodinamis baru pada buntut belakang. Desain sayap baru bagian belakang itu disebut-sebut mirip hewan purbakala Stegosaurus.

Perangkat baru itu pertama kali digunakan Ducati pada sesi free practice 1 dan 2 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Bentuknya yang unik turut mencuri perhatian publik.

Belum jelas keuntungan apa yang bisa diberikan oleh inovasi terbaru dari Ducati ini, tetapi kenyataannya Enea Bastianini dan Jorge Martin belum bisa tembus lima besar dalam sesi latihan bebas kemarin. Pun demikian saat sesi kualifikasi, keduanya masing-masing start dari posisi 8 dan 9.

Ducati Gresini Racing menempatkan sayap di area buntut belakang motor DucatiDucati Gresini Racing menempatkan sayap di area buntut belakang motor Ducati Foto: Gresini Racing

Bastianini mengaku terkejut dengan spoiler belakang. Namun ia merasa kesulitan saat hendak menaiki motor.

“Saya melihat foto-foto itu, sepertinya Pokemon. Bagus, saya suka desainnya. Ketika saya pertama kali melihat sayapnya, reaksi saya adalah, ‘Wow.’ Itu hanya membuat lebih sulit untuk naik motor, setelah itu sih tidak buruk,” ujar Bastianini dikutip Speedweek, Sabtu (6/8/2022).

“Perasaannya bagus untuk saat ini. Besok kami harus mengujinya lebih baik dan membandingkannya dengan varian normal. Penting untuk memahami apakah itu lebih baik atau tidak. Tapi kesan pertama saya bagus, terutama di rem lebih stabil. Sepertinya tidak buruk untuk kecepatannya juga,” tambah dia.

Sayap belakang itu juga digunakan oleh Jorge Martin. Dia belum bisa mengungkapkan keuntungan dari inovasi terbaru dari Ducati tersebut. Namun dia merasa motor lebih sulit jika hendak melakukan manuver.

“Rasanya sedikit lebih sulit dalam perubahan arah dan sedikit lebih baik di lintasan lurus. Pada akhirnya ini adalah kompromi, kami masih harus menganalisis apakah lebih baik dengan atau tanpa sayap,” kata dia.

Sang pemuncak klasemen MotoGP, Fabio Quartararo juga mengomentari bentuk sayap belakang motor Ducati.

“Kelihatannya lucu, agak mirip Fast & Furious,” ujar Quartararo yang sempat tersenyum ketika ditanya.

Simak Video “MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.