Dirancang 2 Leg, Rally Komunitas Land Rover Akan Lintasi Sumatera

Jakarta

Setelah sempat tertunda tiga kali karena pandemi, kegiatan Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute akan segera diselenggarakan pada 6-22 Februari 2022. Kegiatan ini akan diikuti oleh komunitas Land Rover dari berbagai wilayah yang menggunakan sekitar 55 mobil Land Rover dengan kurang lebih 200 peserta.

Diketahui, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo turut mendukung digelarnya kegiatan ini. Ia menjelaskan selama lebih kurang 16 hari nantinya para peserta akan melakukan napak tilas perjalanan kelompok pertama Land Rover Indonesia pada tahun 1981.

Bamsoet menambahkan, peserta akan menyusuri hutan belantara Sumatera. Adapun start dimulai dari Jambi menuju Sumatera Barat, Riau, hingga finish di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

“Saya akan melepas para peserta Sumatra Tribute 2022 sekaligus meresmikan tugu Sumatra Tribute pada 6 Februari 2022 di Jambi. Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan menerima para peserta di garis finish kawasan Danau Toba pada 22 Februari 2022,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (14/1/2022).

Dalam pertemuannya dengan pengurus Land Rover Club Indonesia (LRCI) sekaligus panitia Sumatra Tribute, Bamsoet mengungkap bahwa perjalanan Sumatra Tribute akan ditempuh dalam dua Leg.

Leg 1 menempuh rute Jambi-Sumatera Barat-Riau dengan jarak tempuh mencapai 173 Km dan lama perjalanan sekitar 8 hari. Selanjutnya, akan ada Leg 2 dengan rute Riau – Sumatera Utara. Leg 2 ini memiliki jarak On Road mencapai 600 Km.

“Di Leg 1 rute Jambi – Sumatera Barat – Riau, peserta yang start dari Jambi akan menuju Taman Nasional Bukit Dua Belas, dengan jarak tempuh mencapai 95 Km dan memakan waktu perjalanan selama lebih kurang 3 hari,” jelas Bamsoet.

“Dalam rute tersebut, para peserta akan melakukan penyeberangan di Sei Anak Batanghari. Sekaligus melakukan kegiatan Peduli Pendidikan dengan memberikan bantuan paket perlengkapan sekolah untuk anak sekolah di berbagai desa yang dilalui, serta melakukan bakti sosial dengan memberikan bibit Jernang kepada Suku Anak Dalam, agar dibudidayakan sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat ekonomi yang tinggi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bamsoet menjelaskan peserta dari Taman Nasional Bukit Dua Belas akan melanjutkan perjalanan menuju daerah Sitiung di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat untuk menempuh perjalanan sekitar 36 Km dengan lama waktu 2 hari perjalanan.

Selanjutnya, peserta akan menuju Tugu Equator di Riau dengan menempuh perjalanan 43 Km dengan lama waktu 3 hari perjalanan lalu finish di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 22 Februari 2022.

“Mereka akan terlibat dalam Toba Geotage Challenge, mengunjungi 16 spot destinasi wisata Geopark di kawasan Danau Toba, sekaligus memberitakan kepada dunia melalui masing-masing akun media sosial para peserta dengan hastag #TOBAINDONESIA,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pertemuan ini turut dihadiri oleh Pengurus LRCI sekaligus Panitia Sumatra Tribute yang terdiri dari Pembina Rahadian, Bendahara James Budiono, Wakil Sekjen Hendro Soebyanto, Direktur Pelaksanaan Sumatera Tribute Fion Kamil, dan Operasional Sumatera Tribute Mardi.

Simak Video “5 Calon Lokasi Balap Formula E di Jakarta, di Mana Saja?
[Gambas:Video 20detik]
(akn/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.