Doyan Touring Berkelompok, Simak Tips Keselamatan Berkendara Aman

Suara.com – Touring memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh para biker.

Selain menjadi ajang menikmati aktivitas berkendara dengan sepeda motor, kegiatan tersebut juga turut menjadi momen berkumpulnya anggota komunitas.

Maka wajar, jika banyak komunitas sepeda motor yang sering melakukan touring secara berkelompok ke berbagai tujuan, baik itu yang bersifat perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Kendati menyenangkan, namun touring secara berkelompok tanpa disadari bisa mengganggu hak pengguna jalan lain dan punya potensi resiko terjadinya kecelakaan.

Terutama, jika pelaku touring bersikap arogan serta tidak mengindahkan prinsip keselamatan dalam berkendara.

Baca Juga:
Bila Motor Matik Mesti Diajak Melibas Jalan Berbatu dan Menanjak: Jangan Lupa Perhatikan Momentum

Maka dari itu, penting bagi para biker untuk lebih memahami tata cara berkendara yang aman ketika berkelompok, sehingga perjalanan yang dilakukan bisa berlangsung dengan lancar.

Ilustrasi Yamaha RX King. (pixabay.com)
Ilustrasi Yamaha RX King. (pixabay.com)

Berikut adalah tips cara bekendara yang aman secara berkelompok dari Yamaha Riding Academy (YRA), baik dari segi persiapan maupun pada saat touring itu berlangsung.

1. Perhatikan Kondisi Fisik & Kendaraan

Sebelum melakukan touring terutama dengan jarak tempuh yang jauh, pastikan kondisi fisik dalam keadaan yang prima.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar badan tetap bugar adalah dengan menjaga pola tidur dan makan yang cukup.

Hindari juga mengonsumsi makanan serta minuman yang dapat mengurangi tingkat kesedaran atau konsentrasi ketika berkendara.

“Perhatikan juga kondisi sepeda motor yang akan digunakan pada saat touring. Jika memungkinkan, bawa kendaraan anda ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh guna memastikan motor dalam keadaan baik dan semua komponen berfungsi dengan normal,” ujar Arief Muthia selaku Kepala Instruktur YRA, di Cisarua, Bogor, Minggu (11/9/2022).

2. Gunakan Safety Gear Lengkap

Baca Juga:
Maxi Yamaha Day 2022, Temu Bikers dalam Format Konvoi dan Kemping

Hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum touring adalah kelengkapan safety gear seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu tertutup dan protector.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.