Dua Rolls-Royce Phantom Jadi Kereta Raja Charles III di London dan Edinburgh

Suara.com – Britania Raya adalah negeri yang sukses menelurkan sederet brand legendaris roda empat dan roda dua. Berbincang tentang Ratu Elizabeth II mangkat serta Raja Charles III naik tahta tak bisa terlepas dari nama Rolls-Royce Motor Cars.

Sebagai mobil kerajaan dari Buckingham Palace menuju Westminster Hall, London pada Senin (12/9/2022), Raja Charles III menggunakan Rolls-Royce Phantom IV. Sementara saat mendarat di Edinburgh, Skotlandia untuk menghadiri prosesi religi sang ibunda, Sri Ratu Elizabeth II, telah hadir Rolls-Royce Phantom VI sebagai kendaraan resmi.

Dikutip dari harian The Telegraph, Rolls-Royce Phantom IV yang menjadi kereta Raja Charles III di ibu kota Inggris serta Britania Raya tadi adalah mobil sama yang membawa Ratu Elizabeth II saat naik tahta,72 tahun silam.

Raja Charles III dan Permaisuri Camilla bertolak dari Palace of Westminster setelah pidato di Houses of Parliament, Westminster Hall, London (12/9/2022) setelah Ratu Elizabeth II mangkat pada 8 September [AFP/Marco Bertorello].
Raja Charles III dan Permaisuri Camilla bertolak dari Palace of Westminster menggunakan Rolls-Royce Phantom IV setelah pidato di Houses of Parliament, Westminster Hall, London (12/9/2022) setelah Ratu Elizabeth II mangkat pada 8 September [AFP/Marco Bertorello].

Dibuat secara handmade dan Bespoke atau berdasar pesanan,  Rolls-Royce Phantom IV hanya ada 18 unit di dunia. Salah satunya adalah milik Ratu Elizabeth II sejak 1950.

Baca Juga:
Misteri Raibnya Stiker dari Kereta Merta Ratu Elizabeth II Selama Perjalanan Bermobil

Kisahnya berawal pada 1949, saat Putri Mahkota Elizabeth Alexandra Mary Windsor, nama Sri Ratu sebelum ditahbiskan pada 1952 dan suaminya, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh mencari mobil yang cocok. Keduanya mencoba Bentley dengan mesin Rolls-Royce serta terkesan.

Pemesanan ke Rolls-Royce Motor Cars pun dilakukan. Dengan konsep Bespoke, selaras keinginan pasangan kerajaan ini.

“Rolls-Royce diminta untuk membangun mobil terbaik di dunia untuk keluarga kerajaan di negara asal brand ini,” demikian diungkap dengan bangga dalam laman situs BMW Group, induk perusahaan induk Rolls-Royce kini.

Berkonsep “segala kemewahan yang bisa dibayangkan” satu unit Rolls-Royce Phantom IV dikirimkan kepada Putri Mahkota pada 1950.

Baca Juga:
Tractor Guard of Honour: Cara Petani Berikan Penghormatan Terakhir kepada Kereta Merta Ratu Elizabeth II

Rolls-Royce Phantom II Continental (94MY), 1933. Edisi ini muncul setelah kemenangan Rolls-Royce di Concours d'Elegance yang berlangsung di Biarritz, Prancis dan meraih kemenangan di balap Grand Prix d'Honneur  [Rolls-Royce Motor Cars].
Rolls-Royce Phantom II Continental (94MY), 1933. Edisi ini muncul setelah kemenangan Rolls-Royce di Concours d’Elegance yang berlangsung di Biarritz, Prancis dan meraih kemenangan di balap Grand Prix d’Honneur. Sebagai ilustrasi keluarga Phantom dalam jajaran produk Rolls-Royce [Rolls-Royce Motor Cars].

Disebutkan pula bahwa model ini adalah terbaik dari yang terbaik, perdana dimiliki keluarga kerajaan dan sesudahnya pemesanan dari para tokoh negara, pejabat, hingga musisi mengalir mengikuti selera Sri Ratu.

Saat Ratu Elizabeth II naik tahta, Rolls-Royce Phantom IV tadi dicat ulang dengan cat khusus “Royal Claret and Black”. Kemudian digunakan perdana setelah menjadi pemimpin monarki Britania Raya pada 10 April 1952, dalam acara Kamis Putih di Westminster Abbey, London.

Selain digunakan Sri Ratu, Rolls-Royce Phantom IV pernah mengantar pasangan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla–saat itu Prince of Wales dan Duchess of Cornwall–menghadiri pernikahan Duke and Duchess of Cambridge, kini Prince and Princess of Wales, William dan Catherine pada 2011. Serta menjadi kereta pengantin Duke and Duchess of Sussex, Harry dan Meghan Markle pada 2018.

Selain memiliki Rolls-Royce Phantom IV sebagai salah satu mobil kerajaan, mendiang Ratu Elizabeth II juga menggunakan Rolls-Royce Phantom VI bila tengah berada di Skotlandia.

Ada dua unit Rolls-Royce Phantom VI, masing-masing satu unit yang dibuat dalam rangka Silver Jubilee atau tahta 25 tahun pada 1977. Lantas satu unit pendahulunya dibuat pada 1968.

Rolls-Royce Phantom VI inilah yang menjemput Raja Charles III di bandara Edinburgh dan Permaisuri Camilla, lantas melakukan perjalanan ke Palace of Holyroodhouse, dan mengiringi kereta merta Sri Ratu Elizabeth II menuju St Giles’ Cathedral Katedral St Giles di mana dilangsungkan seremoni religi memorial service.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.