Duh! Maksa Nyalip Lewat Bahu Jalan, Bus Ini Nyundul Mobil

Jakarta

Viral di media sosial video yang memperlihatkan sebuah bus menggunakan bahu jalan. Bus itu tampak memaksa menyalip kendaraan di depannya, hingga malah berujung celaka, di mana bagian depan bus menabrak bagian belakang mobil pengendara di depannya.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Kamis (15/9/2022). Dalam video itu tampak bus sedang melaju di jalan tol. Awalnya bus itu berjalan di jalur yang benar. Tapi kemudian dia mulai menyalip mobil berwarna merah yang ada di depannya.

Bus itu berusaha menyalip dari bahu jalan, sepertinya sang sopir bus terpicu mengikuti dua pengendara mobil yang menyalip dari bahu jalan. Tapi lantaran bus ini memiliki bodi yang besar, tentu saja tidak mudah dilakukan, dan menjadi hal yang konyol jika tetap memaksa dilakukan.

Tapi seolah tidak peduli dengan hal itu, sopir bus itu tetap berusaha melewati bahu jalan. Sampai pada satu momen dia telat menginjak rem busnya, hingga akhirnya menabrak bagian belakang mobil di depannya. Tapi memang sepertinya tidak terlalu parah. Pengendara mobil sempat turun untuk melihat dampak kecelakaan itu.

Sebagai catatan, pengendara harus mengerti bahwa bahu jalan tak bisa digunakan sembarangan. Penggunaan bahu jalan sendiri diatur dalam pasal 41 ayat 2 Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut:

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat;
b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat;
c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan;
d. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan.

Simak Video “Simak! Berikut Lokasi ‘Haram’ untuk Parkir Kendaraan
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.