Ferrari Resmi Luncurkan SUV Perdana, Berapa Harganya?

Jakarta

Ferrari akhirnya resmi meluncurkan SUV crossover perdananya. Namanya Ferrari Purosangue dengan mengandalkan mesin depan berkonfigurasi V12.

Ini merupakan mobil empat pintu produksi massal pertama Ferrari. Mobil SUV Ferrari ini didesain untuk mobil keluarga yang mampu diajak ngebut.

“Ferrari Purosangue adalah mobil empat pintu, empat tempat duduk pertama dalam sejarah Ferrari, tetapi model dengan dua kursi belakang telah memainkan peran penting dalam strategi perusahaan sejak awal. Sekarang, dalam puncak dari 75 tahun penelitian terdepan, Ferrari telah menciptakan mobil unik dan merangkum DNA Kuda Jingkrak, di mana kinerja, kesenangan berkendara, dan kenyamanan hidup berdampingan dalam harmoni yang sempurna. Dan itulah mengapa model baru ini disebut Ferrari Purosangue – bahasa Italia yang artinya ras asli,” tulis Ferrari di situs resminya.

Ferrari memilih gaya bodi crossover dengan tinggi hanya 1.589 mm. Dimensi yang kompak ini memungkinkan SUV pertama Ferrari lebih ramping dan punya pusat gravitasi yang rendah. Desain eksterior bodi aluminium sepanjang 4.973 mm terinspirasi dari coupe Roma Ferrari yang elegan.

Ferrari Purosangue, SUV Perdana FerrariFerrari Purosangue, SUV Perdana Ferrari Foto: Dok. Ferrari

Ferrari Purosangue dibekali mesin V12 6.500 cc naturally aspirated. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga buas hingga 715 daya kuda dengan torsi maksimal 716 Nm. Sistem itu dikawinkan dengan sistem penggerak semua roda melalui transmisi kopling ganda delapan kecepatan yang dipasang di belakang. Kemungkinan, mesin V6, V8 dan hybrid akan hadir nantinya.

Meskipun ini bukan mobil all-wheel drive pertama Ferrari, Purosangue adalah mobil pertama Ferrari yang memiliki fitur hill-descent control. Ini juga merupakan Ferrari pertama yang menampilkan fitur active roll control melalui penggunaan Multimatic spool-valve damper yang dikontrol secara elektronik.

Namun, sebagai sebuah crossover Ferrari Purosangue hanya memiliki ground clearance 183 mm, yang akan membatasi kemampuan offroadnya.

Ferrari Purosangue, SUV Perdana FerrariFerrari Purosangue, SUV Perdana Ferrari Foto: Dok. Ferrari

Dilihat dari interiornya, Purosangue adalah jenis Ferrari yang sangat berbeda. Jika dari luar mirip seperti Ferrari Roma, tampilan interior Ferrari Purosangue justru sangat berbeda. Tidak ada layar sentuh di bagian tengah. Sebagai gantinya, pengemudi dan penumpang mendapatkan layar tampilan besar masing-masing.

Lalu berapa harganya? Ferrari sendiri belum mengungkap harga untuk Purosangue. Namun, SUV ini ditaksir memiliki harga hingga US$ 400.000 (Rp 5,9 miliaran).

Simak Video “Walau Ceper, Ferrari Nggak Akan Mentok Berkat Fitur Ini
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.