Fortuner Hybrid Meluncur 2023, Kawinkan Mesin Diesel Turbo dan Mild-Hybrid

Jakarta

Toyota dikabarkan sedang menyiapkan Innova hybrid. Selain Innova, kabarnya Toyota Fortuner juga akan kena ‘setrum’ dan menjadi mobil hybrid.

Kabar itu diembuskan oleh media otomotif asal Thailand, Headlightmag. Situs berita otomotif berbahasa Thailand itu mengabarkan bahwa Toyota Fortuner akan dibekali sistem hybrid ringan atau mild-hybrid.

Rumornya, Toyota Fortuner hybrid ini akan menggabungkan mesin turbodiesel dengan sistem mild-hybrid. Sumber yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan, Toyota Fortuner generasi ketiga bakal dibangun menggunakan platform TNGA-F (platform Toyota New Generation Architecture).

Fortuner Hybrid ini kabarnya akan meluncur di Thailand pada tahun 2023 atau tahun depan. Teknologi hybrid yang menggabungkan mesin diesel dengan sistem Mild-Hybrid ini akan menjadi yang pertama di pasar SUV.

Kabarnya, Toyota Fortuner Hybrid ini akan mempertahankan mesin diesel 1GD 4 silinder DOHC 16 katup 2.800 cc dengan sistem turbocharger. Mesin itu dikawinkan dengan sistem mild-hybrid menggunakan alternator.

Sistem hybrid berperan ringan, seperti saat kemacetan dan selama akselerasi. Sistem hybrid ringan ini berguna untuk menekan konsumsi bahan bakar dan polusi udara saat akselerasi.

Selain itu, sistem hybrid juga mengandalkan daya baterai untuk AC kabin. Mesin akan mati ketika mobil berhenti seperti di kemacetan demi mencapai penghematan bahan bakar.

Soal kisaran harga Fortuner Hybrid belum diungkapkan. Namun diharapkan bisa lebih murah dari Fotuner Legender agar bisa lebih laku di pasaran. Sebagai gambaran, Fortuner Legender di Thailand saat ini dijual dengan harga 1.586.000 baht sampai 1.859.000 baht atau setara Rp 651 juta sampai Rp 763 juta.

Di Indonesia, Toyota sendiri berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan. Selain Innova hybrid, akankah Fotuner Hybrid dijual di Indonesia juga? Kita tunggu saja.

Simak Video “Minat Beli Toyota Fortuner? Cek Dulu Nih, Pajaknya!
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.