Gabung dalam Konsorsium Baterai Sepeda Motor Listrik Tukar Pakai, Berikut Keuntungan Bagi FIVE Asal Italia

Suara.com – FIVE atau Fabbrica Italiana Veicoli Elettrici adalah produsen mobilitas sepeda listrik brand Italwin dan Wayel yang baru saja bergabung dengan Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC) atau konsorsium baterai sepeda motor listrik tukar pakai.

Anggota SBMC saat ini meliputi AVL, Ciklo, FIVE, Forsee Power, Hioki, Honda, Hyba, JAMA, Kawasaki, KTM, KYMCO, Niu, Piaggio, Polaris, Roki, Samsung, Sinbon, Sumitomo Electric, Suzuki, Swobbee, Vitesco, VeNetWork, dan Yamaha.

Dikutip dari rilis resmi ANCMA atau asosiasi kendaraan roda dua Italia sebagaimana diterima Suara.com, keikutsertaan FIVE dalam konsorsium pembuat baterai tukar pakai atau swappable antara lain adalah mengamankan lini produksi baterai yang dibutuhkan dalam pembuatan motor listrik.

Moto Guzzi V7 III tampil di ajang EICMA 2017. Tampak seorang penonton mengabadikan dengan smartphone [AFP/Miguel Medina].
EICMA adalah wadah produsen kendaraan roda dua Italia yang rutin memamerkan produk utama dan pengukung di Milan.Tampak Moto Guzzi V7 III tampil di ajang EICMA 2017  [AFP/Miguel Medina].

Selain itu, baterai produksi tidak semata digunakan brand sendiri, namun bisa dijalin kemitraan dengan anggota lain untuk pembuatan Original Equipment Manufacturer atau OEM bagi produsen sepeda motor lainnya dalam konsorsium.

Baca Juga:
Grup Astra Pamerkan Kendaraan Listrik dan Sarana Pengisian Baterai Inovatif di TII G20 Exposition

Adapun tujuan yang ingin dicapai SBMC adalah:

  • Mengembangkan spesifikasi teknis standar sistem baterai yang dapat dipertukarkan.
  • Uji dan konfirmasi penggunaan umum sistem baterai.
  • Membuat dan mempromosikan spesifikasi umum konsorsium ini sebagai standar di badan standardisasi Eropa dan internasional.
  • Perluas penggunaan spesifikasi umum konsorsium secara global.

“Menciptakan standar untuk baterai, yang dimiliki oleh sebagian besar merek sepeda motor adalah satu-satunya cara untuk membuat pelanggan lebih mempercayai sepeda motor listrik,” papar Fabio Giatti, Chief Executive Officer FIVE.

Menurutnya, dengan cara ini FIVE memperoleh keamanan dan jaminan masa pakai kendaraan yang lebih besar.

“Kami sangat bangga menjadi bagian dari SBMC. Dalam empat tahun kami memproduksi lebih dari 15.000 baterai untuk sepeda listrik kami. Kami memutuskan untuk mengembangkan bisnis sebagai produsen baterai untuk sepeda motor listrik,” tutupnya.

Baca Juga:
Bobot Baterai dan Populasi Jadi Alasan Produksi Truk Listrik Belum Secepat Mobil Elektrifikasi

4 comments

  1. Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your site
    is fantastic, as well as the content!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.