Ganti Pelat Nomor tapi Salah Bulan dan Tahun, Jangan Panik Langsung ‘Diketok Ulang’

Jakarta

Bagi detikers yang melakukan pergantian 5 tahunan pelat nomor kendaraan, harus lebih teliti saat menerima pelat nomor kendaraan ya. Jangan sampai sudah di bawa pulang ke rumah ternyata terdapat kesalahan pada angka pelat nomor kendaraan atau pada bulan dan tahunnya.

Jika detikers mengalami hal ini tidak perlu khawatir dan jangan panik, karena petugas pembuat pelat nomor kendaraan di Samsat dengan sigap akan membantu detikers untuk memperbaikinya. Akan tetapi jangan sekali-kali detikers mengubahnya sendiri ya.

Saat mengalami hal seperti itu, langkah yang pertama yang harus dilakukan detikers ialah mempersiapkan bukti pembayaran pajak kendaraan yang telah dilakukan. Langkah kedua, detikers juga harus memperlihatkan kembali STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang menunjukkan masa berlaku STNK. Selanjutnya, detikers hanya tinggal menunggu giliran dipanggil untuk kembali mendapatkan pelat nomor kendaraan yang sesuai.

Pelat nomor putih bertulisan hitamPelat nomor putih bertulisan hitam Foto: M Luthfi Andika/detikOto

Namun detikers jangan kaget ya, pelat nomor yang didapatkan kembali itu bukanlah pelat baru yang mulus layaknya baru. Melainkan pelat nomor kendaraan yang sebelumnya terdapat kesalahan, namun sudah diperbaiki dengan diubah sesuai dengan masa berlaku STNK.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Dalam pasal 45 ayat (1) Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021 disebutkan, berikut warna dasar pelat nomor terbaru:

a. putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;
b. kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;
c. merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah; dan
d. hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Meski demikian, detikers harus hati-hati saat menerima pelat nomor baru dan pastikan melakukan pengecekan, jangan sampai salah nomor pelat nomor, bulan tahun tahun masa berlaku pelat nomor kendaraan ya.

Simak Video “Ini Alasan Pelat Nomor Kendaraan Diganti Putih dan Pakai Chip
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.