Harganya Disebut Bakal Naik, Apa Keuntungan Pertalite Dipakai untuk Mobil?

Jakarta

Setiap jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) diperuntukkan bagi tipe kendaraan tertentu. Sebelum menentukan pilihan, pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui rasio kompresi mesin agar supaya cocok dengan BBM yang dipilih.

Contohnya BBM jenis Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90, hanya cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.

Umumnya, mobil dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1 itu ditemukan pada lansiran tahun 2014 ke bawah. Sementara mayoritas mobil keluaran tahun 2014 ke atas, umumnya memiliki rasio kompresi mesin di atas itu. Tapi tidak menutup kemungkinan juga mobil keluaran 2021 memiliki rasio kompresi mesin yang cocok dengan Pertalite.

Lalu apa untungnya mobil menggunakan Pertalite? Dibandingkan Premium, dari sisi kandungan oktan Pertalite tentu lebih tinggi. Dengan kadar oktan yang lebih tinggi itu, Pertalite menjanjikan kualitas lebih baik untuk mobil kamu. Sistem pembakaran pun diklaim lebih baik, alhasil kendaraan diklaim bisa menempuh jarak lebih jauh.

Di antara BBM lain, khususnya untuk mesin bensin harga Pertalite ini paling murah. Pertalite saat ini dijual dengan harga Rp 7.650 per liter. Rendahnya harga ini tentu berpengaruh terhadap biaya operasional kendaraan yang jadi lebih murah.

Namun belakangan, harga Pertalite dikabarkan bakal naik. Pertalite dihadirkan sebagai solusi untuk konsumen yang menggunakan Premium. Pertalite memiliki ciri tersendiri, yakni punya warna hijau terang dan jernih.

Adapun bila rasio kompresi mesin di atas 9:1 atau 10:1 maka membutuhkan BBM dengan kandungan oktan lebih tinggi. Untuk jenisnya beragam, kalau dari Pertamina ada Pertamax series. Sedangkan kalau dari operator lain ada Shell Super atau Revvo 92.

Tapi saat ini, tidak ada kontrol terhadap pembelian Pertalite. Sekalipun mobil memiliki kompresi mesin di atas 9:1-10:1, masih bisa mengisi Pertalite. Padahal, mobil yang mengisi BBM tidak sesuai spesifikasi bisa berdampak pada mesin. Dampak yang paling umum adalah mesin mengelitik. Kalau didiamkan, efek paling buruknya, mobil bisa turun mesin.

Simak Video “Beli Pertalite Wajib Pakai Aplikasi, Kapan Berlakunya?
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.