Hati-Hati, Gunakan LED Bisa Bikin Mika Lampu Motor Meleleh

Suara.com – Berbincang soal sepeda motor berpenampilan modis senantiasa menarik. Termasuk di antaranya adalah pemakaian lampu LED.

Pemakaian lampu jenis satu ini diminati karena menambah nilai estetik. Selanjutnya tentu saja penggunanya semakin suka karena sosok si motor jadi berbeda dibandingkan versi standar.

Ketika hendak melakukan modifikasi pada bagian lampu, sebaiknya perhatikan beberapa hal. Bahkan termasuk efek lampu LED motor yang biasa terjadi sehingga tidak kaget ketika mengalaminya.

Ilustrasi sinar lampu LED. [Michael Bußmann/Pixabay]
Ilustrasi sinar lampu LED. [Michael Bußmann/Pixabay]

Nah, sebelum memasang komponen ini, simak penjelasan dari Wahana Honda soal lampu sepeda motor yang memiliki peran penting. Yaitu sebagai bagian sistem keamanan dalam berkendara.

Baca Juga:
Berikan Penghormatan Terakhir Bagi Ratu Elizabeth II di London, Gunakan Transportasi Umum dan Silakan Tertib Antre

Berikut adalah seluk-beluk seputar lampu LED:

Cahaya Kurang Jelas

Secara umum, cahaya yang dihasilkan lampu LED memang lebih terang dibandingkan bohlam. Namun cahaya putih yang dihasilkan justru menjadi kurang jelas jika sedang berkendara di tengah hujan.

Tidak hanya itu lampu ini juga menghasilkan sinar dingin, namun menimbulkan panas pada mesin.

Ilustrasi aki motor. (Pixabay)
Ilustrasi aki motor. (Pixabay)

Bikin Boros Aki

Baca Juga:
Jadi Pasangan Abadi, Kereta Merta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Miliki Beberapa Kesamaan

Pemakaian aki akan terasa lebih boros karena beban untuk lampu cukup besar. Karena lampu LED memiliki pencahayaan yang terang maka mempengaruhi pemakaian aki.

Karena alasan ini, pabrikan sepeda motor tidak menganjurkan jika pemiliknya melakukan modifikasi mengganti lampu bohlam dengan LED.

Mika Bisa Meleleh

Efek yang lain mungkin akan terjadi yaitu mika lampu bisa meleleh. Hal ini terjadi karena lampu memiliki daya jauh lebih besar. Efek yang dapat dihasilkan mengakibatkan panas, akhirnya membuat rumah lampu dan reflektor meleleh.

Ini jelas akan merugikan pemilik sepeda motor. Mau tak mau harus lakukan perbaikan jika mengalami hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.