Honda Bakal Jual 3,5 Juta Motor Berbasis Listrik, Belum Bisa Kalahkan BeAT

Jakarta

Honda mulai terang-terangan terkait rencana elektrifikasi untuk menuju nol emisi karbon. Dalam 8 tahun ke depan, secara global target penjualan motor listrik Honda masih di bawah persentase penjualan motor internal combustion engine (ICE) atau bensin.

Managing Officer Honda Motor Co., Ltd, Yoshishige Nomura mengungkapkan peta jalan penjualan motor listrik Honda. Perusahaan asal Jepang ini belum menargetkan angka penjualan motor listrik separuh dari penjualan motor bensin.

“Honda berencana mencapai 1 juta unit 2026, dan 3,5 juta unit 2030 atau sekitar 15 persen dari total penjualan,” kata Yoshishige Nomura saat Honda Briefing on Motorcycles Business disiarkan YouTube Honda Global, dikutip Selasa (13/9/2022).

Untuk menuju target tersebut, Honda sudah menyiapkan lebih dari 10 model yang bakal diperkenalkan hingga tahun 2025. Model yang bakal diperkenalkan terdiri atas tiga kategori, yakni Electric Bicycle (EB) dengan top speed 25 km/jam, Electric Moped (EM) mencapai 25 – 50 km/jam, dan yang lebih kencang Electric Vehicles (EV) top speed 50 km/jam.

“Untuk penggunaan pribadi, Honda akan merilis dua EV models pada tahun 2024-2025 di Asia Eropa, dan Jepang,” ungkap dia.

“Selanjutnya electric moped, dan electric bicycles, seperti yang sudah disinggung sebelumnya pasar terbesar dari kategori ini adalah di China. Honda percaya EM dan EB berkembang secara global tidak hanya di pasar China. Kita akan rilis 5 model lagi di pasar China, Asia, Eropa, dan Jepang, antara 2022 – 2024,” sambungnya.

Selanjutnya, Honda akan merilis FUN EV. Jika melirik siluet gambar yang ditampilkan pada presentasi terlihat bentuknya seperti motor gede (moge).

“Elektrifikasi Honda tidak hanya untuk komuter tapi juga kategori FUN EV, tiga model EV besar untuk Jepang, Amerika Utara dan Eropa pada tahun 2024-2025,” jelas Nomura.

Honda juga akan memperkenalkan model sepeda motor listrik Fun untuk anak-anak yang didesain untuk memberikan kesenangan berkendara kepada generasi berikutnya.

“Secara total Honda akan rilis lebih dari 10 model sepeda motor listrik di tahun 2025,” ungkap Nomura.

Well jika dibandingkan dengan populasi Honda BeAT di Indonesia, jumlah 3,5 juta unit motor listrik 2030 itu masih kalah jauh. Seperti diketahui BeAT merupakan motor terlaris, populasinya bahkan sudah lebih dari 17 juta unit sejak diluncurkan pada 2008 silam di Indonesia.

Simak Video “Kamera di Spion Kiri Honda HR-V, Apa Gunanya?
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.